Ingin Mudah Dipromosikan Atasan? Terapkan Tips Berikut Ini

Tidak ada seorang pun yang ingin didemosi di kantornya. Apalagi sampai di PHK. Tapi, dipromosikan atasan/perusahaan juga bukan hal yang mudah dicapai. Terlebih jika kamu harus bersaing dengan rekan kerja lain.

Persaingan membuat banyak karyawan harus menunggu lama untuk bisa dipromosikan. Malahan, tidak jarang promosi yang dijanjikan tidak kunjung datang. Padahal, dari sisi kemampuan dan pengalaman, karyawan yang bersangkutan sudah memilikinya.

Nah, agar mudah dipromosikan atasan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Menambah Kemampuan di Bidang yang Jarang Dikuasai

Jika ingin bisa dipromosikan, tentu saja kamu harus punya kemampuan yang sesuai kebutuhan perusahaan. Seiring berjalannya waktu, kamu juga harus mengembangkan kemampuan itu. Tapi, kalau ingin lebih mudah dipromosikan atasan, ada baiknya kamu mengembangkan pula kemampuan di bidang yang lain.

Akan lebih baik jika bidang itu tidak dikuasai rekan kerja atau atasan. Semisal, atasan dan rekan kerjamu tidak mampu melakukan budgeting. Nah cobalah untuk memelajarinya dan mengembangkan kemampuan tersebut.

Agar Mudah Dipromosikan Atasan, Jadikan Dirimu Berharga

Bekerja dan bekerjasamalah dengan baik agar kamu selalu berharga di mata atasan dan rekan kerja. Hindari melakukan hal-hal sepele yang membuat atasan atau rekan kerjamu marah atau kecewa.

Semisal, sering datang terlambat, tidak berkontribusi secara maksimal, senang bergosip, dan lain-lain. Dengan menghindari sikap dan perbuatan negatif tersebut, kesempatan untuk dipromosikan menjadi lebih besar.

Baca Juga: Soft Skill Karyawan yang Wajib Dimiliki agar Karier Berkembang

Jangan Merasa Hebat

Mungkin saat ini kamu merasa sudah layak mendapatkan bonus, penghargaan atau bahkan promosi. Tapi, jangan pernah merasa dirimu hebat. Apalagi sampai menyombongkan kehebatan itu di depan rekan kerja dan atasan.

Sikap seperti ini hanya akan membuat atasan tidak menghargaimu. Akibatnya, atasan bisa menunda promosimu. Malahan, atasan bisa saja memilih orang lain untuk dipromosikan.

Mengingatkan Atasan

Meski tidak memamerkan kehebatan, bukan berarti kamu tidak boleh mengingatkan atasan akan pencapaian atau prestasimu. Sesekali kamu tetap bisa melakukannya. Pasalnya, bisa saja karena kesibukannya, atasanmu lalai memperhatikan kontribusi yang sudah kamu berikan untuk perusahaan.

Ingat, untuk bisa dipromosikan, kamu mungkin harus berkompetisi dengan rekan kerja lainnya. Tapi, ingat ya, jangan pernah merendahkan rekan kerja lain hanya untuk bisa dipromosikan.

Agar Cepat Dipromosikan, Bekerjalah di Luar Job Desc

Menyelesaikan pekerjaan sesuai job description sudah merupakan tanggung jawab seorang karyawan. Tapi, kalau ingin lebih mudah dipromosikan, ada hal lain yang bisa kamu lakukan. Yaitu, cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan di luar tanggung jawab pekerjaan.

Hal ini menunjukkan kamu orang yang ikut memiliki perusahaan. Kamu juga dianggap sebagai karyawan yang mau membantu meringankan beban kerja atasan atau rekan kerja. Dengan begini, atasan atau perusahaan tidak akan ragu untuk mempromosikanmu.

Dengan lebih cepat dipromosikan, kamu bisa lebih yakin akan keputusan karir yang sudah dibuat. Sehingga, kamu jadi lebih nyaman bekerja dan bisa memberikan kontribusi yang lebih baik lagi bagi perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here