Hendak Pulkam? 5 Tips Mudik Sehat Ini Bantu Jaga Kesehatanmu!

Hendak Mudik? 5 Tips Mudik Sehat Ini Bantu Jaga Kesehatanmu!
Sumber : Warta Pilihan

Mudik merupakan salah satu rutinitas ketika mendekati akhir bulan ramadan dan menuju Idul Fitri. Banyaknya warga yang mencari nafkah di kota besar meninggalkan kampung halaman, membuat sensasi mudik selalu terasa setiap tahunnya. Tak jarang, banyak sumber mulai membagikan tips mudik sehat agar setiap pemudik selalu terjaga kondisinya selama dalam perjalanan hingga sampai di kota tujuan.

Untuk kamu yang hendak mudik, rasanya berhati-hati di jalan bukanlah tips mudik sehat yang harus diingatkan. Kamu perlu melakukan beberapa tips ini agar kesehatanmu terjaga begitu sampai di kampung halaman. Hal ini tentu membantu kamu agar tidak jatuh sakit ketika sampai di tujuan.

Anti Ngedrop, Ini Dia Tips Mudik Sehat yang Bisa Anda Ikuti

Sedia Selalu Air Putih, Tips Mudik Sehat Paling No. 1

Sedia selalu air putih saat mudik
Sumber : Pixabay

Jika kamu mencari minuman yang pas untuk mudik, air putih menjadi jawabannya. Air putih menjadi asupan paling sehat untuk kamu berbuka puasa ketika kamu mudik masih dalam suasana Ramadan. Selain itu, air putih membantu melancarkan peredaran darah, terutama bagi kamu yang mengendarai kendaraan. Sehingga, kamu pun akan terhindar dari pegal, linu, atau kebas berlebihan ketika sampai di tempat tujuan.

Baca Juga: 6 Tips Mudik Bareng Buah Hati agar Tetap Menyenangkan

Kurangi Dulu Minuman yang Mengandung Banyak Gula

Hindari konsumsi minuman bergula saat mudik
Sumber : Pixabay

Tips mudik sehat berikutnya adalah hindari minuman yang mengandung banyak gula, terutama minuman kalengan atau kemasan. Gula memang menyebabkan perasaan semangat dan gembira ketika kamu hendak mudik. Namun, gula yang terlalu banyak di dalam tubuh membuat kamu cepat merasa ngantuk dan ini jelas berbahaya, apalagi kalau kamu diharuskan mengendarai kendaraan.

Jangan Bergantung pada Minuman Energi (Energy Drinks)

Jangan bergantung pada energy drink
Sumber : Pixabay

Ketika mudik, minuman yang mungkin banyak dicari oleh pemudik adalah minuman energi (energy drinks). Pasalnya, banyak pemudik yang membawa kendaraan merasa segar kembali ketika mengonsumsi minuman tersebut. Nah, tips mudik sehat berikutnya menganjurkan kamu untuk tidak melakukan ini. Minuman energi justru akan membuat jantung dan ginjal kamu bekerja lebih keras di mana tubuhmu memang sedang butuh istirahat. Sebagai penggantinya, kamu bisa konsumsi teh atau kopi hangat yang sudah disiapkan dalam termos.

Hindari Maag saat Mudik dengan Makan Cukup

Hindari maag saat mudik dengan makan cukup
Sumber : Pixabay

Ketika mudik tiba, orang biasanya cenderung ingin cepat sampai tujuan sehingga mengabaikan rasa lapar di perutnya. Padahal, inilah penyebab gangguan maag dan asam lambung menyerang kamu. Untuk itu, kamu perlu seimbangkan dengan makan cukup saat di perjalanan. Biar begitu, pastikan asupannya pas dan tidak berlebihan karena dapat menyebabkan kantuk setelahnya. Nutrisinya pun harus disesuaikan. Sebaiknya, konsumsilah makanan berkarbohidrat untuk energi dan protein dmei menjaga keseimbangan tubuh.

Jangan Paksakan, Berhentilah Sejenak Jika Tubuh Lelah dan Mulai Mengantuk

Berhenti ketika sudah mengantuk
Sumber : Pixabay

Tubuh kamu sebenarnya pintar. Ia mampu mendeteksi apakah tubuhmu butuh istirahat atau tidak. Untuk itu, berhentilah sejenak di rest area atau hotel ketika kamu mulai terasa mengantuk atau lelah. Jangan memaksakan diri. Mudik yang sehat tentu akan membawa kamu selamat sampai tujuan. Habiskan 2 jam untuk istirahat tidak akan membuat kesan mudikmu jadi percuma.

Beri komentar Anda tentang artikel ini