Masih Pemula Soal Naik Gunung? Ikuti Tips Naik Gunung Berikut Ini!

Masih Pemula Soal Naik Gunung? Ikuti Tips Naik Gunung Berikut Ini!
Sumber: Pexels

Mendaki atau naik gunung memang jadi salah satu kegiatan liburan yang sangat digemari, khususnya oleh anak-anak muda. Kebersamaan dan suasana gunung yang sejuk dan asri membuat sensasi naik gunung jadi berbeda. Rasanya, ada kepuasan tersendiri ketika kamu berhasil menaklukan satu gunung yang kalau dilihat memang cukup tinggi. Hanya, perhatikan tips naik gunung ya tepat ya!

Bagi pemula atau kamu yang baru mau mencoba naik gunung, agaknya kamu harus pintar cari tips naik gunung agar kamu selamat selama melakukan kegiatan ini. Secara umum, naik gunung bukanlah kegiatan yang berbahaya jika kamu mematuhi segala tips naik gunung dan aturan yang ada. Apa saja sih tipsnya? Nah, perhatikan tips naik gunung berikut ini!

1. Ketahui Batasanmu dan Jangan Ikuti Mereka yang Memang Sudah Sering Naik Gunung

Ketahui Batasanmu dan Jangan Ikuti Mereka yang Memang Sudah Sering Naik Gunung
Sumber: Pexels

Jika kamu baru pertama kali, tentu akan ada penyesuaian yang harus kamu alami. Tentunya, agar semua terasa lebih mulus, cobalah untuk menaklukan gunung yang tidak terlalu tinggi dan datarannya tidak curam. Lalu, ketika kamu mulai merasa lelah, istirahatlah sejenak dan jangan memaksakan keadaan tubuhmu. Kelelahan hanya akan memperparah perjalananmu.

Baca Juga: Tak Sekedar Mendaki, Ini 5 Pelajaran Berharga dari Naik Gunung yang Bisa Anda Petik

2. Berhentilah Takabur dan Ajak Mereka yang Sudah Profesional untuk Mendampingimu

Berhentilah Takabur dan Ajak Mereka yang Sudah Profesional Untuk Mendampingimu
Sumber: Pexels

Naik gunung bukanlah ajang untuk pamer atau unjuk kebolehan ya, guys! Jadi, tidak ada gunanya untuk kamu pamer bahwa kamu bisa menaklukkan satu gunung sendirian, padahal kamu belum pernah naik gunung. Makanya, ajaklah kawan yang sudah berpengalaman untuk naik gunung bersama. Tips naik gunung ini kamu lakukan untuk mencegah kamu tersesat atau kamu mengalami cedera.

3. Pahami Barang Penting Apa Saja yang Kamu Harus Bawa untuk Mencegah Kelebihan Muatan

Pahami Barang Penting Apa Saja yang Kamu Harus Bawa Untuk Mencegah Kelebihan Muatan
Sumber: Pexels

Kamu juga harus cermat memilih benda apa saja yang harus kamu bawa. Kelebihan muatan di dalam tas tentunya akan membuat kamu cepat lelah. Jika tidak tahu, carilah informasi sebanyak-banyaknya atau tanyalah pada teman mendakimu apa saja yang harus kamu bawa. Dengan begini, bebanmu tetap seimbang dan naik gunung tetap lancar.

4. Jangan Lupa untuk Mengecek Ramalan Cuaca, Ini Tips Naik Gunung Paling Penting!

Jangan Lupa Untuk Mengecek Ramalan Cuaca, Ini Tips Naik Gunung Paling Penting!
Sumber: Pexels

Sebelum kamu mendaki gunung, pastikan terlebih dahulu bahwa gunung itu aman untuk kamu daki. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang ramalan cuaca di daerah sekitar gunung dan ketahuilah informasi dari BKMG apakah gunung itu sedang dibuka untuk pendakian atau tidak.

Beri komentar Anda tentang artikel ini