Tips Networking: 5 Cara agar Relasi Baru Mudah Mengingatmu

Aktivitas networking bisa menambah teman dan relasi. Namun, apakah semua teman dan relasi baru yang kamu miliki benar-benar mengingatmu? Tips networking ini bisa diterapkan kalau kamu ingin mudah diingat teman dan relasi baru.

Dengan memiliki teman dan relasi baru, kamu bisa memperlancar karier atau bisnismu. Kamu, teman atau relasimu juga bisa saling membantu memberikan solusi jika salah satunya punya masalah. Hanya saja, pastikan mereka mengenal dan mengingatmu. Kalau tidak, tentunya hal-hal baik yang diharapkan dari networking tidak bisa terjadi.

Di bawah ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat networking agar teman atau relasi barumu mudah mengingatmu.

Tips Membuat Kartu Nama untuk Networking

Di acara resmi atau acara sosial, bertukar kartu nama sering dilakukan. Kalau kamu ingin mudah diingat orang, cobalah untuk membuat kartu nama yang menarik. Dengan cara, menggunakan warna yang mencolok, font yang unik atau desain yang tidak biasa.

Yang penting, orang lain akan mudah mengingatnya. Kalau sudah mengingat kartu namanya, orang lain tentu akan ingat pada nama yang tertera di kartu nama tersebut bukan?

Memperluas Jaringan di Setiap Acara/Kegiatan

Semakin banyak teman dan kolega yang ditemui di sebuah acara, maka semakin besar kemungkinan orang akan mengingatmu. Oleh karena itu, cobalah menetapkan jumlah teman atau kolega yang akan kamu ajak bicara sebelum acara dimulai.

Lalu, penuhi jumlah tersebut. Untuk itu, kamu bisa memotivasi dirimu dengan hadiah-hadiah kecil. Semisal, menyantap makanan kesukaan kalau angka tersebut terpenuhi. Lakukan ini di acara-acara lainnya dan tetapkan angka yang lebih besar di setiap acara.

Cara lain agar mudah diingat orang, kamu juga bisa datang ke sebuah acara lebih awal. Dengan begini, semua perhatian akan tertuju padamu. Sehingga, kamu akan mudah dikenali dan diingat orang. Keuntungan lainnya, kamu bisa bertatap muka dan berbicara dengan lebih bebas, karena, belum banyak orang yang hadir di acara tersebut.

Baca Juga: Sulit Memulai Percakapan dalam Networking? Coba Terapkan Cara Ini!

Menjadi Penyelenggara Acara

Tips networking lain yang bisa kamu coba, yaitu dengan menjadi penyelenggara acara. Seorang penyelenggara acara cenderung akan mudah diingat oleh para peserta atau undangan yang menghadiri acara tersebut. Apalagi kalau acara yang digelar adalah acara yang unik, berbeda dan gratis.

Kalau kamu tidak bisa menjadi penyelenggara acara, kamu juga bisa membantu penyelenggara acara mempersiapkan acaranya. Dengan begini, kamu tetap bisa dikenal dan diingat orang karena ikut sibuk membantu mempersiapkan acara. Keuntungan lainnya, kamu juga bisa diingat orang sebagai orang yang mau membantu orang lain.

Berikan Perhatian, Bukan Menjadi Pusat Perhatian

Dalam sebuah acara, cobalah untuk memberi perhatian pada kenalan baru. Hindari terlalu banyak membicarakan diri sendiri. Caranya, kamu bisa memulai dari menanyakan hal-hal kecil atau sepele. Semisal, “Simana saya bisa mendapatkan dasi seperti yang Anda punya?”.

Selanjutnya, setelah bercakap-cakap cukup lama dan mendapatkan banyak informasi, kamu bisa menanyakan hal-hal yang sifatnya lebih pribadi. Semisal, “Apakah Anda senang bekerja sebagai data analyst di perusahaan tersebut?”.

Tips Follow Up untuk Memperluas Network

Sumber: getwebinarpress.com

Terkadang, karena kesibukan, teman atau relasi yang baru ditemui di sebuah acara bisa saja benar-benar melupakanmu. Untuk itu, tidak ada salahnya melakukan follow-up. Caranya, kamu bisa menyapanya dengan menanyakan kabarnya.

Namun, jangan berhenti sampai di situ. Kalau di acara sebelumnya kamu mengetahui relasi barumu itu mengoleksi perangko. Kamu bisa berbagi informasi baru mengenai perangko yang setidaknya ia belum pernah mendengarnya. Dengan begitu, teman barumu akan mudah mengingatmu.

Dengan menerapkan tips di atas, kamu akan mendapatkan manfaat dari aktivitas networking yang kamu lakukan. Semisal, kamu dan teman atau relasi barumu bisa saling berbagi sumber daya dan saling membantu memecahkan masalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here