Networking dari Rumah: Tips Menjalin Relasi di Masa Pandemi

Pandemi Corona bukan hanya berdampak negatif pada ekonomi atau mata pencaharian saja. Untuk sebagian orang, wabah penyakit ini juga mengurangi kesempatan dan kemampuan untuk melakukan networking. Meski demikian, kesempatan untuk melakukan networking di masa pandemi bukan tertutup sama sekali lho. Kamu tetap bisa melakukan networking meski harus dari rumah.

Dengan networking kamu bisa membangun dan menjalin relasi untuk mendapatkan peluang bisnis atau pekerjaan. Kamu juga bisa belajar banyak hal untuk mengembangkan kemampuan. Selain itu, dengan networking kamu bisa membantu orang lain.

Melakukan aktivitas networking dalam keadaan normal tentu berbeda dengan melakukannya dari rumah. Dalam hal ini, kamu akan banyak bergantung pada koneksi internet, program komputer atau aplikasi. Berikut ini beberapa hal yang bisa di lakukan agar kamu bisa tetap membangun hubungan kerja tanpa meninggalkan rumah.

Networking Lewat Aplikasi Pesan Singkat

Salah satu cara untuk melakukan networking dari rumah dengan menggunakan aplikasi pesan singkat. Beberapa di antaranya, yaitu WhatsApp dan Telegram.

Seringkali grup Whats App atau Telegram punya anggota yang sangat banyak. Hal ini menjadikan kamu tidak akrab atau tidak mengenal anggota satu persatu. Saat pandemi seperti ini, cobalah untuk menyapa mereka. Kamu bisa memulainya dengan menulis sapaan di grup. Selanjutnya jika percakapan semakin panjang atau serius kamu bisa mengirim pesan pribadi.

Ingat, jika melakukan hal ini sambutan dari temanmu mungkin tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba bukan? Siapa tahu dengan begini, kamu dan temanmu bisa menciptakan peluang-peluang bisnis baru.

Baca Juga: Hindari Kesalahan Ini Saat Kamu Melakukan Networking

Mengoptimalkan Fitur LinkedIn

Untuk yang sedang mencari pekerjaan dan sudah memiliki akun LinkedIn, kamu bisa mengoptimalkan fitur-fitur khusus yang terdapat pada platform networking tersebut. Salah satunya, bergabung di salah satu LinkedIn Group yang masih aktif. Dengan begini, LinkedIn akan lebih sering menampilkan profil kamu.

Kamu juga bisa meng-accept connection request atau membangun koneksi dengan orang-orang yang direkomendasikan oleh LinkedIn lewat algoritmanya. Sehingga network yang sudah kamu miliki bisa bertambah luas. Selain itu, cobalah untuk sering login dan meng-update profil agar LinkedIn lebih sering memunculkan profil kamu di laman orang lain.

Selain di LinkedIn, ada baiknya kamu meningkatkan pula visibilitas di berbagai platform lain yang dimiliki. Semisal, Facebook, Twitter atau Instagram.

Networking dari Rumah Lewat Webinar

Di masa pandemi ini beberapa penyelenggara acara ikut memudahkan peserta dengan cara menggelar acaranya secara daring. Semisal workshop, seminar atau acara-acara lain. Nah, jika ingin melakukan networking dari rumah, kamu bisa mengikuti salah satu workshop online atau webinar yang diadakan.

Kamu juga bisa bergabung di forum-forum daring yang minat atau aktivitasnya berhubungan dengan pekerjaan atau bisnis yang kamu miliki. Dengan begini, selain bisa memelajari hal baru, kamu juga bisa bertemu dengan orang-orang baru.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tetap bila melakukan aktivitas networking meski dari rumah. Sehingga, kamu tidak melewatkan peluang bisnis atau tawaran pekerjaan yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here