Onboarding Karyawan Baru: Tips agar Kesan Pertama jadi Menyenangkan

Program orientasi atau onboarding diperlukan agar karyawan baru mengenali pekerjaan, perusahaan tempatnya bekerja beserta komunitasnya. Dengan menjalani onboarding, karyawan diharapkan bisa bekerja dengan nyaman, dengan motivasi kerja yang tinggi. Sehingga tingkat turnover pun bisa ditekan.

Di sisi perusahaan, program onboarding menjadi kesempatan untuk menunjukkan citra dan kesan pertama yang baik serta menyenangkan pada karyawan barunya. Agar hal itu tercapai, beberapa tips di bawah ini bisa dilakukan.

Membuat Onboarding Menjadi Program yang Berkesan

Meski seringkali onboarding diikuti lebih dari satu karyawan. Perusahaan selayaknya membuat program ini berkesan bagi setiap karyawan yang baru diterima. Salah satu caranya, yaitu menugaskan seorang mentor atau karyawan lama untuk membimbing atau memantau perkembangan setiap karyawan baru.

Selain itu, hindari memperkenalkan karyawan baru pada job description-nya di hari-hari pertama onboarding. Hal ini untuk menghindari karyawan merasa bingung dan tidak nyaman. Yang perlu dilakukan, yaitu memperkenalkan karyawan pada suasana kerja, rekan kerja, serta kebiasaan-kebiasaan kecil di kantor.

Membuka Akses Informasi Onboarding pada Karyawan Baru

Semakin banyak hal yang belum diketahui karyawan tentang proses onboarding, semakin karyawan menjadi tidak nyaman dalam menjalaninya. Oleh karena itu, cobalah untuk menyediakan informasi yang sekiranya diperlukan. Semisal, jadwal onboarding atau hal-hal yang diperlukan untuk menjalani proses onboarding.

Informasi ini bisa disertakan dalam email ucapan selamat datang atau selamat bergabung. Selain itu, perusahaan bisa menempatkan informasi ini di lokasi atau area yang bisa dilihat dengan mudah oleh karyawan baru.

Baca Juga: Selain Orientasi, Lakukan Ini agar Karyawan Baru Mudah Beradaptasi

Memperkenalkan Karyawan Baru pada Rekan Kerjanya

Selain jadwal onboarding, pastikan juga karyawan baru mengenal rekan kerja dan staf terkait. Selain itu, ada baiknya karyawan juga mengetahui posisi atau jabatan dari rekan kerjanya. Dengan begini, karyawan akan bisa mengenal lebih dekat.

Selain itu, diharapkan saat mereka bekerja nanti, kerjasama bisa lebih mudah dilakukan karena setiap karyawan sudah mengetahui apa peran masing-masing.

Salah satu cara memperkenalkan rekan kerja yaitu dengan memajang foto, nama dan posisi kerja di beberapa bagian kantor agar mudah dilihat oleh karyawan baru.

Informasi Mengenai Fasilitas dan Benefit

Karyawan baru tentunya sudah berhak mendapatkan benefit atau menggunakan fasilitas kantor. Dalam hal ini, ada baiknya perusahaan menyediakan informasi lengkap mengenai cara mendapatkan atau menggunakan benefit. Jelaskan pula aturan-aturan yang terkait dengan benefit. Demikian juga dengan fasilitas kantor.

Yang juga tidak kalah penting, yaitu informasi tersebut sebaiknya ter-update setiap saat dan bisa diakses dengan mudah, kapan saja dan di mana saja.

Pendek kata, perusahaan harus berupaya agar onboarding menjadi program yang menarik, menyenangkan dan mudah dijalankan. Sehingga setelah proses onboarding selesai, karyawan bisa bekerja dengan nyaman dan menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here