Hindari 6 Hal Buruk Ini agar Pekerjaan Tak Ganggu Kesehatan

sakit kepala
Sumber: tribunnews

Sering sakit sebenarnya menjadi salah satu alasan mengapa karir Anda tak mengalami kemajuan. Karena itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar pekerjaan tak ganggu kesehatan. Tentunya dengan menjadi lebih sehat, maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk mendapatkan peningkatan kerja, atau bahkan memperoleh kesempatan lebih besar dalam pekerjaan.

Namun sayangnya untuk saat ini, seringkali beberapa kebiasaan dan hal yang dilakukan selama bekerja justru bisa mengganggu kesehatan. Yang akhirnya, memengaruhi efektivitas bekerja.

Hindari Hal Ini agar Pekerjaan Tak Ganggu Kesehatan

Seringkali, kesibukan dalam bekerja tak bisa dihindari. Yang akhirnya membuat Anda kurang beristirahat dan juga tidak menjaga pola makan. Dan ini, pada akhirnya nanti akan memengaruhi kesehatan. Selain itu, juga masih ada 6 kebiasaan buruk lain karena pekerjaan yang harus dihindari.

1. Kerja Lembur

Sumber: blogspot
Sumber: blogspot

Kerja lembur sepertinya memang efektif. Itu bisa memberikan Anda lebih banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Dan pastinya menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Tapi untuk jangka waktu lama, kerja lembur yang terus menerus bisa mengganggu kesehatan. Pada akhirnya, membuat Anda jatuh sakit.

Untuk mengurangi lembur yang berlebihan, yang malah kadang tidak perlu, sebaiknya Anda kurangi beban pekerjaan. Selain itu, Anda juga bisa memastikan menggunakan waktu bekerja secara efektif.

2. Kurang Bergerak

olahraga

Untuk para pekerja kantoran, seringkali Anda akan duduk lebih dari 7 jam satu hari. Kurang bergerak ini akhirnya bisa menyebabkan beberapa jenis penyakit. Yang paling sering terjadi, kaku pada tulang persendian, sakit punggung, hingga yang terakhir, menyebabkan kegemukan atau kelebihan berat badan.

Kelebihan berat badan sudah menjadi masalah yang tengah terjadi di kota besar. Terutama untuk para pekerja kantoran formal.

Untuk mengatasi ini, dan tentunya agar pekerjaan tak ganggu kesehatan, sebaiknya para pekerja kantoran ini tak lupa untuk tetap berolahraga, meski sesibuk apapun.

3. Tidak Beristirahat

Jam Istirahat Kerja
Sumber : insidetheladiesmind

Ketika tengah bekerja, istirahat merupakan hal yang penting. Dan rupanya istirahat ini pun tak cukup dilakukan hanya dengan satu jam makan siang saja.

Sebuah studi membuktikan, karyawan yang hanya beristirahat selama satu jam sepanjang hari untuk makan siang memiliki tingkat stres lebih tinggi. Selain itu, dari 60 persen karyawan yang disurvei menunjukkan istirahat secara teratur bisa meningkatkan produktivitas dari karyawan.

Nah, sudah tahu bukan hubungan antara stres dengan kesehatan?

4. Pensiun Dini

Sumber: Money.usnews
Sumber: Money.usnews

Sebuah hasil studi menyebutkan, karyawan yang melakukan pensiun dini memiliki kemungkinan meninggal lebih cepat dari pada karyawan yang pensiun di usia seharusnya. Ini ada hubungannya dengan usia produktivitas, dimana seharusnya tubuh masih harus aktif bergerak dan bekerja.

Selain itu, pensiun lebih dini pun rupanya meningkatkan rasa stres dan bukannya malah membuat bahagia.

5. Bertahan di Pekerjaan yang Dibenci

Rekan Kerja Membenci Anda
Sumber : danielswanick

Merasa tak menyukai pekerjaan, tapi berusaha untuk bertahan rupanya juga bisa meningkatkan resiko menurunnya kesehatan. Ini salah satunya berhubungan dengan tingkat stres yang lebih besar bila bekerja pada bidang atau suasana yang tidak disukai.

Stres bisa menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan, seperti rasa pusing berkepanjangan, penyakit lambung, hingga meningkat atau menurunnya berat badan secara drastis.

6. Di Depan Komputer Sepanjang Hari

kebiasaan komputer sehat

Layar komputer memberikan pancaran sinar radiasi yang bisa menyebabkan beberapa masalah. Salah satunya, rasa pusing serta masalah pada kesehatan mata. Beberapa penelitian juga menyebut sinar radiasi menjadi salah satu pemicu kanker.

Nah setelah melihat 6 hal di atas, sudah jelas bukan mana yang harus dihindari agar pekerjaan tak ganggu kesehatan?