Jangan Ragu, Ini Tips bagi Anda yang Suka Pergi Traveling Sendirian!

pergi traveling sendirian
sumber: englishsuperstars

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengenal dunia dan diri sendiri selain dengan melakukan solo traveling atau traveling sendirian. Sayangnya, banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk mewujudkan mimpi tersebut karena berbagai alasan dan kekhawatiran. Tapi, apakah benar pergi traveling sendirian sedemikian mengkhawatirkannya? Dikutip dari Kompas, dengan mengikuti beberapa tips berikut ini, mungkin perjalanan Anda akan benar-benar menjadi aman dan menyenangkan tanpa rasa khawatir. Yuk intip!

Tips Pergi Traveling Sendirian agar Nyaman, Aman dan Menyenangkan

Melakukan Solo Traveling
Sumber : flipkey

1. Jangan Takut untuk Berbohong

Mengenal penduduk setempat sepanjang perjalanan bisa menjadi keuntungan tersendiri. Tapi, jika saat perkenalan ada pertanyaan yang membuat Anda tidak nyaman, maka tidak masalah jika Anda harus berbohong. Hal tersebut demi keselamatan diri Anda sendiri. Seperti misalnya seorang blogger di Travel Yourself, Cailin O’ Neil, yang kerap ditanyakan mengenai masalah pribadi saat pergi traveling sendirian.

“Saya sering ditanyai tentang apakah saya lajang atau menikah, di mana saya tinggal, apakah saya bepergian sendiri dan lain-lain,” ujar Cailin O’Neil, seorang blogger di Travel Yourself.

Jangan mudah percaya dengan orang asing. Meskipun mereka nampak baik, jangan gampang memberi informasi pribadi Anda. Bisa saja info yang Anda berikan akan digunakan untuk kejahatan.

Baca Juga: 4 Keuntungan yang Didapatkan Saat Melakukan Solo Traveling

2. Jangan Gegabah

Banyak orang yang melihat sebuah perjalanan adalah cara untuk membebaskan diri dari segala aturan yang mengekang. Namun, Alex Beger, yang merupakan seorang penulis pada laman VirtualWayfarer mengingatkan bahwa ada banyak risiko saat seseorang melakukan traveling sendirian. Contohnya, penyakit menular seksual, perampokan, atau malah terlibat dalam tindakan pelanggaran hukum. Tetapi, kemungkinan ini tidak lantas harus membuat Anda melewatkan kesempatan bertualang. Asalkan Anda tetap berhati-hati dan memiliki perilaku bertanggung jawab, perjalanan seorang diri pasti lancar dan menyenangkan.

3. Percaya pada Insting Anda

Jangan membuang waktu untuk berpikir apakah insting Anda benar atau salah. Ikuti saja apa yang dikatakan oleh naluri Anda. Jadi, jika Anda menghadapi keadaan yang mengarah pada bahaya, lagsung lakukan tindakan untuk menjaga diri sendiri, sebelum memberi tahu pihak berwenang.

“Jika situasi tampak aneh atau membuat Anda merasa tidak nyaman, lepaskan diri secepat mungkin,” ujar O’Neil.

4. Pahami Pembicaraan yang Harus Dihindari

Mengobrol dengan penduduk setempat adalah salah satu cara terbaik untuk mempelajari lingkungan sekitar. Namun, waspadalah terhadap hal sensitif yang dapat menyinggung atau pun mempermalukan diri Anda sendiri. Kiersten Rich, seorang travel blogger pemilik laman theblondeabroad menyarankan agar ketika Anda pergi traveling sendirian, sebaiknya Anda memahami topik-topik apa saja yang bisa dijadikan bahan obrolan dengan penduduk setempat. Misalnya, tidak membahas hal-hal seperti komunisme saat berada di negara Kuba.

Beri Komentar Anda

komentar