Tips Aman Melakukan Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil

Mobil merupakan salah satu kendaraan pribadi yang sangat praktis untuk melakukan perjalanan jauh. Ya, melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil membuat kamu tidak repot jika membawa barang bawaan yang banyak dan penumpang yang tergolong banyak.

Meski demikian, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan saat berkendara menggunakan mobil pada jarak yang jauh supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Apalagi jika perjalananmu tersebut untuk liburan.

Sampai sampai momen liburan kamu justru habis karena kondisi mobil mendadak membandel di tengah jalan. Jadi, ikuti tips aman berikut ini ketika melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil:

Cek Kondisi Mobil

Sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil, hal utama yang harus kamu perhatikan adalah cek kondisi mobil. Jika ingin perjalananmu nyaman dan tanpa kendala, pastikan untuk seluruh kondisi mobil dalam kondisi oke.

Pastikan kamu mengecek air radiator dalam kondisi baik, oli mesin mobil, selang bensin dan filter, putaran kipas pendingin, serta bagian penting lainnya. Tujuannya untuk menghindari adanya kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Jika kamu tidak bisa mengeceknya sendiri, kamu bisa membawa mobil ke tempat servis khusus.

Baca Juga: 5 Tips Menghemat Pengeluaran saat Pergi Berlibur Bersama Keluarga

Cek Barang Bawaan

Jika kamu hendak melakukan perjalanan jauh untuk berlibur, pastikan semua barang bawaan yang dibutuhkan telah kamu bawa, mulai dari pakaian, makanan, dan lainnya.

Pastikan pula kamu juga membawa ban serep untuk mengantisipasi jika terjadi kebocoran ditengah perjalanan. Jangan lupa juga simpan peralatan dongkrak di bagasi mobil. Lebih baik lagi bila kamu tahu cara memasang ban mobil. Bila terjadi masalah dengan ban mobil, kamu bisa segera menggantinya tanpa harus menunggu bala bantuan.

Pastikan Membawa Toolkit

Hal penting lain yang perlu kamu perhatikan saat hendak melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil adalah peralatan toolkit. Mulai dari charger mobil, alat navigasi, P3K, kabel jumper, kunci setir, dan masih banyak lagi.

Tentu kamu juga tahu kegunaan barang-barang tersebut, kan? Paling tidak, lakukan persiapan sedini dan selengkap mungkin supaya sewaktu-waktu terjadi hal yang di luar kendali kamu tidak kalang kabut menghadapinya.

Jaga Kuantitas Bahan Bakar

Satu hal lain lagi yang sering diabaikan sebagian besar orang adalah mengisi bahan bakar mobil. Hentikan kebiasaan untuk mengisi bahan bakar ketika navigasi bahan bakar sudah mengarah ke tanda merah. Jangan ceroboh dengan mengambil risiko.

Bagaimana jika bahan bakar kamu habis sebelum kamu menemukan pom bensin terdekat? Nah, lebih baik kamu menabung bahan bakar sebanyak mungkin kan?

Sopir Pengganti

Jika perjalanan jauh menggunakan mobil akan menyedot energi kamu, jangan terlalu memaksakan diri ketika kamu sudah lelah menyetir. Bisa-bisa malah perjalanan jadi tidak aman apabila sopir dalam kondisi mengantuk.

Maka, usahakan ada sopir pengganti alias teman yang mampu untuk menyetir saat kamu telah lelah. Begitupula seterusnya. Jika tubuh kamu kembali segar, silakan untuk berganti lagi menyetir.

Nah, itu dia beberapa tips aman saat melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil. Semoga liburan kamu menyenangkan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here