Perhatikan Posisi Duduk Saat Bekerja agar Nyaman dan Bikin Fokus Kerja

Posisi duduk saat bekerja sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi dengan semakin tingginya frekuensi work from home (WFH) selama pandemi. Tidak jarang loh beberapa karyawan mulai mengeluhkan badan pegal-pegal karena terlalu lama duduk di depan laptop seharian.

Lakukan tips posisi duduk saat bekerja yang nyaman berikut ini agar makin fokus kerja. Mulai sekarang, biasakan ikuti arahan duduk ini ya!

Mata Sejajar Web Cam

Salah satu indikator posisi duduk saat bekerja yang benar adalah pandangan mata sejajar dengan web cam. Andai kamu sudah terbiasa dengan posisi ini, bekerjamu pun jauh lebih nyaman. Posisi ini memungkinkan semua bagian tubuhmu lebih rileks.

Jangan biasakan bekerja di kasur atau pun di lantai. Gunakan kursi yang nyaman agar posisi ini dapat kamu praktikkan dengan baik.

Punggung Tegak

Selanjutnya, pastikan punggungmu tegak saat duduk. Usahakan tidak membungkuk ketika harus lama duduk di depan laptop atau komputer. Duduk tegak sangat membantu mempertahankan postur tubuhmu tetap bagus dibandingkan duduk membungkuk.

Hindari bekerja dengan bentuk tubuh miring untuk menghindari cedera pada otot atau tulang. Memang tidak mudah kalau harus duduk berjam-jam dengan posisi tegak. Namun, manfaatnya juga baik untuk postur tubuhmu kok.

Bahu Harus Rileks

Usahakan posisi duduk saat bekerja membuat bahumu rileks alias tidak kaku. Menghabiskan waktu lama di depan laptop biasanya membuat bahu menegang. Cobalah lakukan peregangan kecil andai kamu bahumu terasa lebih berat dan mulai kaku.

Bahu yang rileks menjadi kunci kenyamanan dalam bekerja. Terlalu tegang saat bekerja justru menjadikan area bahumu lebih cepat lelah.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Pola Makan Saat Work From Home, Begini Tipsnya!

Dekatkan Pinggang dengan Punggung Kursi

Perhatikan pula untuk semaksimal mungkin mendekatkan pinggangmu pada punggung kursi. Bersandarlah pada kursi ketika kamu sudah merasa lelah. Kalau perlu, jaga posisi duduk saat bekerja dengan tetap mendekat pada punggung kursi.

Punggung kursi sangat membantu kenyamanan kamu saat duduk. Kebiasaan ini juga mampu mengurangi risiko cedera punggung karena terlalu lama duduk.

Kaki Menapak di Lantai

Terakhir, biasakan kakimu selalu menapak di lantai saat duduk berjam-jam. Posisi duduk ini dapat menjaga peredaran darah tetap lancar. Kaki yang menggantung saat bekerja cenderung lebih mudah lelah dan sering kesemutan.

Menempatkan kaki terus menapak di lantai juga membantu menyokong posisi duduk tegak. Jadi, ingat untuk selalu tapakkan kakimu di lantai ketika berjam-jam duduk bekerja ya.

Meski sepele, ternyata posisi duduk saat bekerja patut diperhatikan ya. Mengingat WFH akan masih terus berlangsung, tidak ada salahnya kita mulai ubah cara bekerja biar lebih nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here