Lakukan Ini Sebelum Melaporkan Masalah kepada Atasan

Mengatasi masalah merupakan bagian dari pekerjaan. Namun bagaimana jika seorang karyawan tidak mampu mengatasi masalah seorang diri? Untuk itu karyawan tersebut membutuhkan bantuan atau bimbingan atasan. Keberadaan atasan juga diperlukan untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada.

Setiap terjadi masalah, kamu memang sebaiknya berkonsultasi dengan atasan. Karena pengalaman, pemikiran, kemampuan dan wewenang yang dimilikinya pastinya dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Meski demikian, saat terjadi masalah, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa hal sebelum melaporkannya pada atasan. Hal ini untuk mencegah adanya penilaian negatif dari atasan. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan.

Kapan Harus Melaporkan Masalah kepada Atasan?

Saat masalah terjadi, umumnya siapapun akan merasakan panik, marah, stres atau kecewa. Oleh karenanya, sebelum menyampaikan masalah pada atasan, pastikan kamu dalam keadaan tenang dan tidak baper. Kalau kamu marah atau panik lalu menyampaikan masalahnya pada atasan, hal ini akan memperburuk keadaan. Bisa-bisa atasanmu jadi ikut-ikutan marah atau panik.

Ketenangan juga diperlukan untuk menemukan sumber masalah dan menilai sejauh mana masalah tersebut berdampak pada pekerjaan. Keduan hal ini perlu untuk diketahui sebelum kamu bertemu dengan atasan.

Baca Juga: Tips Membangun Support System, Biar Nggak Sendiri Saat Ada Masalah

Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya

Dampak yang diakibatkan oleh sebuah masalah bisa berlangsung dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Oleh karenanya, jangan terburu-buru menyampaikan masalah pada atasan. Karena, bisa saja dampaknya hanya sementara. Atau, kamu bisa menyelesaikannya tanpa harus melaporkannya pada atasan.

Jika kamu terburu-buru melaporkannya, atasan bisa beranggapan kamu orang yang gampang mengeluh, atau tidak mau berusaha mencari solusi dari setiap masalah yang muncul. Untuk itu, ada baiknya kamu mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai masalah yang ada.

Persiapkan Solusi

Sebelum melaporkan masalah pada atasan, sebaiknya kamu mencari beberapa alternatif solusi yang potensial. Hal ini menunjukkan kamu karyawan yang punya rasa memiliki perusahaan. Atasan juga bisa menilai kamu orang yang mau berusaha menghadapi tantangan yang ada. Kedua hal tersebut penting bagi keberlangsungan karirmu.

Di sisi lain, ada baiknya kamu mencari tahu segala akibat/dampak yang terjadi. Baik dampak dari adanya masalah, maupun dampak yang bisa terjadi jika kamu mengambil sebuah keputusan untuk menyelesaikan masalah. Dalam hal ini, akibat/dampak tersebut bisa berupa hal yang negatif, tapi bisa juga berupa hal yang positif.

Menyelesaikan Masalah

Kamu dan atasan pasti membutuhkan bawahan atau rekan kerja yang lain agar masalah bisa diselesaikan. Untuk itu, koordinasikan dan persiapkan segala sesuatunya dengan rekan kerja. Persiapkan pula hal-hal lain yang dibutuhkan. Semisal, perlengkapan, peralatan, atau sumber daya yang lain.

Jika sudah melakukan beberapa hal di atas, barulah kamu bisa mencoba untuk melaporkan masalah yang ada pada atasan. Sehingga atasan bisa menilai kamu adalah karyawan yang bisa dipercaya untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan-pekerjaan penting. Kamu juga merupakan karyawan yang bisa diandalkan untuk menyelesaikan masalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here