Hal-hal yang Sebaiknya Jangan Kamu Lakukan Setelah Mencabut Gigi

Gigi yang rusak atau membusuk memang sudah tidak bisa disembuhkan. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencabutnya. Nah, setelah mencabut gigi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar tidak ada masalah baru.

Kesehatan gigi harus kamu perhatikan dengan seksama lho! Jangan menyepelekan masalah gigi, apalagi setelah mencabutnya lalu kamu merasa masalah sudah terselesaikan. Bila kamu sembrono justru akan memperlambat proses pemulihan.

Jadi, yuk, perhatikan beberapa hal berikut ini:

Merokok

Jika kamu adalah seorang perokok, maka pastikan kamu tidak merokok terlebih dahulu selama 48 jam ke depan setelah mencabut gigi. Mengapa? Sebab kandungan zat yang terdapat di dalam asap rokok bisa memperburuk kondisi gusi kamu yang sedang terluka akibat proses pencabutan gigi.

Selain itu, darah yang keluar dari gusi juga akan lebih lama berhenti. Gerakan menghisap rokok juga bisa membuat gusi tertekan dan membuat luka yang terdapat di gusi menjadi semakin parah.

Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol juga tidak boleh kamu konsumsi selama 48 jam setelah proses pencabutan gigi berlangsung. Pasalnya, alkohol bisa membuat pendarahan di gusi semakin memburuk.

Selain itu, gusi yang sedang terluka akibat proses pencabutan gigi juga akan menjadi lebih lama untuk sembuh.

Baca Juga: Oops Inilah 4 Kesalahan Menggosok Gigi yang Harus Dihindari

Berolahraga

Olahraga memang merupakan kegiatan yang sangat menyehatkan, namun tidak demikian jika kondisi tubuh kamu baru saja mengalami proses pencabutan gigi. Kegiatan olahraga bisa meningkatkan pendarahan dan pembengkakan pada daerah gusi yang sedang terluka.

Selain itu, akibat banyaknya darah yang keluar setelah proses pencabutan gigi juga membuat tubuh kamu memasuki fase tidak fit. Sehingga menurut dokter gigi, waktu yang tepat untuk berolahraga kembali adalah sekitar 3 sampai 4 hari setelah mencabut gigi.

Berkumur

Selama 24 jam ke depan, pastikan juga bahwa kamu tidak berkumur dan menyikat gigi terlalu keras. Sebab hal-hal tersebut bisa memperburuk kondisi gusi yang terluka.

Pastikan juga kamu tidak mencolek-colek bagian gusi yang giginya baru saja dicabut, baik dengan lidah, maupun dengan tusuk gigi, sebab hal ini juga bisa memperburuk kondisi gusi yang sedang terluka akibat proses pencabutan gigi.

Makanan Panas dan Pedas

Menurut dokter gigi, pasien yang baru saja menjalani proses pencabutan gigi tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan pedas dan panas untuk 48 jam ke depan.

Hal ini dikarenakan makanan pedas dan panas bisa memperburuk kondisi gusi yang terluka. Selain itu, sensasi panas dan pedas di mulut juga bisa membuat pendarahan di gusi menjadi semakin parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here