Strategi Digital Marketing Saat COVID-19, Tiru Strateginya Netflix & Nike

Menurut survei sentimen konsumen di Indonesia oleh McKinsey & Company, perusahaan konsultan manajemen multinasional, ada kenaikan pengeluaran 47 persen untuk servis hiburan secara online di rumah selama pandemi COVID-19. Terjadinya lonjakan ini menjadi sinyal tuntutan adanya perubahan strategi penjualan ke arah strategi digital marketing.

Kebijakan pemerintah terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar dan diterapkannya sistem bekerja dari rumah memang telah menggeser pola konsumsi dari offline menjadi online. Konsumen lebih nyaman untuk bertransaksi secara online melalui platform e-commerce maupun jasa antar.

Menariknya, menurut survei McKinsey & Company, bukan hanya sektor industri makanan & minuman, kesehatan, dan logistik yang mendapatkan kenaikan bisnis selama pandemi. Ketergantungan konsumen dengan gawai juga meningkatkan kebiasaan untuk mengakses aplikasi belajar online (47 persen) dan fitness/personal training (38 persen).

Melihat adanya kenaikan tren konsumsi secara online, apa yang harus dilakukan pelaku bisnis untuk sukses dalam menerapkan strategi digital marketing? Ada beberapa tips strategi digital marketing yang bisa kamu terapkan untuk bisnismu, seperti berikut ini:

  • Menawarkan produk melalui e-commerce.
  • Memberikan servis pengantaran.
  • Memberikan akses gratis untuk konten berbayar.
  • Perbanyak konten di situs dan sosial media.
  • Lakukan kampanye sosial dan amal.
  • Melakukan kolaborasi dengan pihak lain.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Sampingan Saat WFH untuk Menambah Pemasukan

Belajar dari Strategi Digital Marketing Merek Internasional Selama Pandemi COVID-19

Kamu bisa belajar dari strategi digital marketing yang dilakukan oleh merek-merek internasional dalam menghadapi perubahan pola konsumsi selama pandemi COVID-19 ini. Misalnya, strategi dengan memberikan akses gratis untuk konten berbayar yang dilakukan oleh Netflix. Strategi ini merupakan kolaborasi Netflix dengan Instagram.

Program serial bertajuk “Wanna Talk About It?” ini membahas kisah anak muda dalam menghadapi krisis kesehatan, terutama pada masa pandemi COVID-19. Dengan menggandeng Instagram, Netflix menayangkan serial ini di akun Instagram Live milik mereka sejak 10 April hingga 14 Mei. 

Tak hanya Netflix yang memberikan akses agar konsumen bisa menikmati kontennya secara gratis. Universitas Harvard juga meluncurkan kelas online gratis untuk beragam materi. Kelas gratis juga sempat diadakan Nikon dengan menggelar 10 kelas fotografi online hingga akhir April silam. 

Lalu, apa keuntungan diperoleh pebisnis dari strategi digital marketing yang memberikan akses gratis seperti ini? Taktik ini banyak dilakukan pelaku bisnis sejak awal pandemi karena bisa meningkatkan brand awareness. Ya, tak sekadar membantu konsumen melalui konten gratisnya, strategi ini akan mempererat hubungan dengan konsumen. Produk kamu pun mendapatkan publikasi gratis dari mulut ke mulut.

Pasca pandemi berakhir, merek kamu akan tetap diingat karena strategi ini. Menariknya lagi, sebenarnya kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk strategi digital marketing satu ini. Pasalnya, kamu bisa menawarkan konten yang sudah tersedia. Ini strategi yang bisa kamu ambil bila bisnis kamu tidak bisa membantu dalam bentuk donasi uang dengan nominal yang besar.

Strategi Bisnis Saat Pandemi COVID-19 melalui Kampanye Sosial

Selain memberikan akses gratis, kamu juga bisa melakukan strategi digital marketing dengan kampanye sosial. Gunakan #DiRumahAja atau #StayHome untuk membuat konten-konten sosial. Strategi ini juga bisa membantu untuk meningkatkan brand awareness produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Kamu harus memahami pada situasi pandemi, masyarakat tentu gerah dengan konten-konten yang meresahkan, baik mengenai lonjakan pasien maupun kondisi ekonomi dunia. Nah, kamu bisa berperan mengendurkan ketegangan melalui konten kampanye yang ringan dan kreatif.

Misalnya, kampanye #StayHome yang digaungkan Nissan berikut ini:

Kampanye apparel Nike juga bisa menjadi tambahan ide kreatif untuk strategi digital marketing kamu:

Nah, segera ubah strategi bisnis kamu agar bisnis yang kamu kelola tetap dilirik konsumen selama pandemi COVID-19 ini. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here