Ingin Sukses Geluti Bisnis Coffee Shop? Jangan Lewatkan 5 Hal Ini!

bisnis coffee shop
Sumber : AMarketJournal

Kopi merupakan minuman yang banyak digemari, mulai dari kalangan bawah hingga atas, tua hingga muda, tampaknya sudah akrab dengan minuman ini. Terlebih di zaman sekarang ini, kebiasaan ngopi seakan sudah menjadi gaya hidup ataupun aktivitas wajib dilakukan di saat senggang. Mulai dari sekadar berkumpul bersama teman, mengerjakan tugas, hingga meeting bersama rekan kerja sering kali dilakukan sambil menikmati segelas kopi. Melihat situasi seperti ini, bisnis coffee shop dianggap menjadi bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Namun, tentunya juga tergantung tangan yang mengelola dan mengembangkan bisnisnya.

Anda ingin sukses menggeluti bisnis coffee shop? Jangan lewatkan 5 hal ini!

Signature

Agar bisnis coffee shop Anda dikenal dan tak mudah dilupakan, Anda harus serius memikirkan signature dari coffee shop. Signature menjadi hal yang wajib ada di coffee shop sebagai ciri khas dan membuat pengunjung kerap datang. Mulai dari signature drink, tiap-tiap coffee shop biasanya memiliki sebuah signature drink. Signature drink biasanya ialah minuman andalan dari sebuah coffee shop yang tak bisa ditemukan di coffee shop lainnya. Anda bersama tim coffee bar bisa berinovasi dan menciptakan sebuah kopi dengan cita rasa baru. Pastikan kopi yang akan Anda ciptakan benar-benar unik dan mampu menjadi daya tarik pengunjung.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Acara Pernikahan Kekinian yang Lagi Sangat Dicari

Gencar Promosi

Memulai sebuah usaha tentunya tak lepas dari promosi. Menarik minat pengunjung merupakan salah satu hal yang tak mudah. Anda membutuhkan strategi yang tepat agar tujuan promosi Anda mampu tercapai. Pada awal memulai bisnis merupakan saat-saat yang paling penting untuk melakukan promosi maupun pemasaran dengan gencar. Anda bisa memanfaatkan sosial media sebagai media promosi ataupun bekerjasama dengan selebgram maupun food blogger lokal untuk mempromosikan bisnis coffee shop Anda. Anda juga bisa memberikan promosi berupa potongan harga ataupun penawaran menarik lainnya  sebagai langkah awal pengenalan bisnis Anda.

Location does matter!

Salah satu hal krusial yang perlu diperhatikan sebelum mendirikan bisnis coffee shop, ialah penentuan lokasi. Pemilihan lokasi sangat besar pengaruhnya terhadap keberlangsungan bisnis Anda nantinya. Lokasi yang strategis dan mudah dicapai tentunya memiliki nilai plus bagi bisnis Anda. Tak bisa dipungkiri, lokasi tentunya menentukan hasil. Pilihlah lokasi yang tak jauh dari keramaian. Anda bisa mempertimbangkan lokasi yang dekat dengan lingkungan kawula muda, seperti dekat dengan kampus, kos-kosan, sekolah, kantor, hingga mall.

Konsep Bisnis

Untuk mampu bertahan di tengah persaingan, Anda harus membuat konsep bisnis yang kuat. Tentukan sejak awal konsep bisnis seperti apa yang ingin Anda rintis pada coffee shop. Konsep tentunya menjadi hal yang penting dan mempu menarik pelanggan. Dalam membuat konsep, utamakan kenyamanan pelanggan dan terapkan secara konsisten. Jika Anda mengusung konsep klasik, Anda bisa menerapkan konsep klasik pada jenis kopi, desain ruangan, hingga pada penampilan pelayan coffee shop Anda.

Beri komentar Anda tentang artikel ini