Tips Sukses Interview Saat Menjawab “Kenapa Kami Harus Rekrut Anda?”

Tahap interview dengan Human Resource Department (HRD) kadang menjadi awal bagi kamu untuk “menjual” diri. Dari beragam tips sukses interview yang sering kamu praktikkan, mungkin kamu akan merasa stuck pada pertanyaan yang satu ini.

Saat pertanyaan “kenapa kami harus rekrut Anda” diajukan, kamu mungkin mendadak kehilangan akal untuk bisa tampil mengesankan di depan HRD.

Berikut tips sukses interview paling sederhana agar kamu tidak lagi kaget atau grogi ketika diberi pertanyaan tersebut. Simak ya!

Tunjukkan Kualitas Kamu Menjadi Tips Sukses Interview Paling Jitu

Alasan logis mengapa perusahaan harus merekrut kamu adalah karena kamu sudah memenuhi kualifikasi yang ditetapkan. Katakan saja kalau dari proses screening, tes, hingga interview; kamu adalah salah satu kandidat yang sejauh ini mampu memenuhi standar perusahaan.

Setelah itu, kembangkan juga potensi yang kamu miliki yang sekiranya sangat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. “Jual diri” kamu dengan kesiapan segera bekerja agar HRD jauh lebih tertarik merekrutmu daripada yang lainnya. Asal kamu percaya diri, HRD pasti akan benar-benar mempertimbangkan jawabanmu ini kok.

Baca Juga: Ini Dia 5 Tips untuk Sukseskan Interview Kerja

Tips Sukses Interview Berikutnya: Yakinkan Kamu Bisa Adaptasi dengan Budaya Perusahaan

Perusahaan bukan hanya mencari bibit-bibit yang cerdas atau terampil, melainkan juga sosok karyawan yang bakal loyal dengan perusahaan. Oleh sebab itu, kenali betul budaya kerja perusahaan tempat kamu melamar. Kamu bisa menanyakannya saat proses interview dengan HRD.

Setelah tahu garis besar budaya kerjanya, yakinkan HRD kalau siap cepat beradaptasi dengan budaya tersebut. Misalnya, kamu terbiasa bekerja secara cepat, mempelajari hal baru dengan cepat, dan lain-lain. Perusahaan lebih suka pada calon karyawan yang jauh lebih siap bekerja, jadi tunjukkan kesiapan kamu ya.

Bikin HRD Terkesan dengan Balik Bertanya Pendapat Mereka tentang Kamu

Setelah kamu jabarkan panjang lebar soal kualitas, kemampuan, dan kesiapan kamu pada HRD, jangan lupa gantian lempar pertanyaan ke HRD. Kira-kira dari penjelasanamu tadi, apa pendapat HRD? Mengajukan pertanyaan seperti ini dapat membuka ruang diskusi kembali antara kamu dan HRD sehingga HRD pun dapat terkesan.

Kalau HRD suka dengan jawaban dan cara bertutur kamu, mereka pasti akan merespon pertanyaanmu dan memberikan feed back yang baik. Ambil celah pada diskusi ini untuk kembali menarik hati HRD terhadapmu. Tips sukses interview terakhir adalah tutup dengan meninggalkan kesan terbaik bagi HRD.

Semoga tips sukses interview ini dapat berguna dan bisa kamu praktikkan ya. Selamat berjuang meraih karier impian!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here