Tips Sukses Meeting dengan Klien, Harus Efektif dan Efisien!

Meeting dengan klien biasanya menjadi tolak ukur penting kesuksesan melakukan kolaborasi. Kamu dituntut dapat menarik perhatian klien agar kerja sama dalam pekerjaan tertentu sukses dijalankan. Jadi, sudah sewajarnya kamu mempersiapkan banyak hal sebelum bertemu klien.

Nah, bekal apa saja yang harus kamu miliki sebelum meeting dengan klien? Simak tips singkatnya berikut ini biar kerja samamu dengan klien sukses!

Pelajari Sifat Klien

Ingatlah pepatah tak kenal maka tak sayang. Memahami sifat klien sangat penting kamu lakukan. Saat meeting dengan klien, kamu tentu butuh trik tersendiri agar klien betah bersamamu kan?

Jangan terlalu keras kepala menjadi diri sendiri, pertimbangkan untuk bersikap sedikit melunak. Sesuaikan dan adaptasikan dirimu dengan sifat klien. Sebisa mungkin hindari tindakan yang jelas-jelas akan membuatnya kesal, misalnya terlambat atau sering memotong obrolan.

Datang Lebih Awal, Jangan Terlambat!

Catat ya, hal ini sangat wajib kamu lakukan. Kamu dilarang datang terlambat. Akan jauh lebih baik jika kamu datang lebih awal dan menunggu klien.

Waktu adalah uang. Orang yang mampu menghargai waktu pastilah dapat mengelola meeting menjadi lebih efektif dan efisien. Selama kamu disiplin mengelola waktu, klien pun akan bisa mengikuti gayamu kok.

Baca Juga: 6 Strategi Membangun Hubungan dengan Klien untuk Mencapai Target

Berpenampilan Menarik dan Baik

Menjaga penampilan tetap sopan dan menarik juga kunci utama dalam meeting dengan klien. Hargailah klienmu dan tunjukkan itu lewat pakaian serta attitude yang baik. Sekali pun kamu datang dengan gaya kasual, pastikan tetap cukup formal untuk meeting.

Penampilan menjadi hal pertama yang dilihat klien. Bayangkan saja jika kamu tampil seadanya dan tidak rapi, pasti klien akan ogah-ogahan meladenimu. Jangan sepelekan poin penting ini ya!

Pelajari Produk dengan Baik

Sebelum hendak meeting dengan klien, pastikan kamu sudah benar-benar siap dengan materi presentasimu. Entah meeting kecil atau besar, pelajari dengan baik-baik semua bahanmu. Kamu tidak mungkin berhenti di tengah-tengah pemaparan gara-gara lupa produkmu sendiri.

Siapkan penyampaian unik agar klien betah dan tertarik kerja sama denganmu. Tunjukkan rencana kerja sama yang jelas untuk lebih meyakinkan klien. Asal kamu sudah menyiapkan semuanya dengan baik, klien pasti lebih mudah didekati.

Beri Kesempatan Klien untuk Bicara

Hal penting ini terkadang dilupakan loh. Saking asyiknya memaparkan, kadang kamu bisa lupa memberi waktu bagi klien untuk berbicara. Meeting dengan klien bertujuan mencapai kesepakatan, jadi ingatlah untuk beri porsi yang pas untuk klien bicara.

Boleh saja kamu punya ide dan konsep menarik. Namun, tidak ada salahnya juga mempersilakan klien memberikan pendapat atau masukan. Klien akan merasa dihargai jika diberi ruang untuk berbicara.

Pastikan poin-poin di atas kamu siapkan dengan baik sebelum meeting dengan klien ya. Ingat juga untuk mempelajari cara berkomunikasi yang efektif agar meeting lebih efisien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here