Tips Sukses Mewawancarai Kandidat untuk Seleksi Karyawan

Sukses atau tidaknya tahapan wawancara kerja tidak hanya bergantung pada kandidat karyawan. Sebagai HRD atau pewawancara kamu juga ikut berperan. Untuk itu, kamu harus mengetahui cara mewawancarai kandidat karyawan dengan baik agar wawancara bisa sukses.

Dalam melakukan wawancara tentu ada dua pihak yang terlibat. Saat kamu menilai kandidat mana yang layak diterima, sebenarnya kandidat juga menilai apakah perusahaan yang dilamarnya layak untuk dijadikan tempat meniti karir. Karenanya, sebagai pewawancara kamu harus bisa membawa nama baik profesi dan perusahaan.

Nah, agar tujuan di atas tercapai ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat mewawancarai kandidat karyawan.

Persiapan Wawancara Kerja

Sebelum memasuki ruangan wawancara kerja, ada baiknya kamu mempersiapkan diri. Pastikan untuk memahami dengan baik deskripsi pekerjaan dan persyaratan yang diminta untuk setiap posisi yang ditawarkan perusahaan.

Tetapkan pula kriteria kandidat yang bisa lolos. Skill dan kemampuan merupakan hal yang utama. Tapi, kamu juga tentunya harus memperhatikan kepribadian dan karakter kandidat bukan?

Selain itu, saat membaca CV atau resume, ada baiknya kamu memahami dengan baik data diri kandidat, kemampuan, prestasi dan pengalamannya.

Baca Juga: Tips Memastikan Kandidat Karyawan Menghadiri Wawancara Kerja

Profesionalisme Saat Wawancara

Profesionalisme harus dimilliki oleh setiap pewawancara. Karena, selain menentukan keberhasilan wawancara kerja, kamu juga sebenarnya sedang membawa nama baik perusahaan di mata umum.

Ada baiknya untuk datang tepat waktu. Tidak ada salahnya pula untuk menanyakan apakah kandidat kesulitan mencari lokasi wawancara. Selain itu, tawarkan air minum jika tersedia.

Sebelum wawancara berlangsung paparkan sekilas mengenai perusahaan dan posisi pekerjaan yang ditawarkan. Selain itu sampaikan alasan mengapa perusahaan merupakan tempat yang tepat untuk meniti karier.

Lakukan Ini Saat Mewawancarai Kandidat Karyawan

Jika diperlukan, kamu bisa menyampaikan urutan acara atau agenda wawancara sebelum wawancara dimulai. Hal ini diperlukan agar kandidat bisa fokus saat menjalaninya.

Saat wawancara berlangsung, berikan pertanyaan untuk mencari tahu sikap dan kepribadian kandidat. Pertanyaan yang ditanyakan sebaiknya juga bisa menggali respon kandidat jika mereka sedang mengalami masalah. Selain itu, ketahui pula apakah kandidat memiliki kecocokan dengan budaya perusahaan.

Selain lewat jawaban, kamu bisa mengetahui beberapa hal di atas lewat penampilan dan bahasa tubuh.

Saat wawancara berlangsung, cobalah untuk tidak mendominasi percakapan. Akan lebih baik jika kandidat yang lebih banyak berbicara. Namun tetap ingat bahwa wawancara adalah percakapan dua arah, bukan merupakan investigasi.

Berterima Kasih kepada Kandidat

Setelah wawancara selesai dilakukan, sampaikan terima kasih pada kandidat atas waktunya untuk menghadiri wawancara. Sampaikan pula informasi lain yang diperlukan.

Selanjutnya, ada baiknya untuk mengabarkan hasil wawancara pada kandidat. Baik jika kandidat diterima maupun tidak. Jika diterima, langkah berikutnya adalah melakukan cek referensi serta memberikan informasi lanjutan mengenai tahapan seleksi karyawan yang dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here