4 Tips Sukses bagi Wanita yang Bekerja di Antara Dominasi Pria

Wanita Yang Bekerja

Beberapa wanita yang bekerja pada perusahaan tertentu mungkin sempat merasakan bagaimana kuatnya dominasi pria di tempat kerja. Ini memang bukan pembahasan baru, meskipun gap antar gender seharusnya sudah tidak banyak terjadi, namun di beberapa tempat masih sering mengalaminya. Sebagai seorang wanita yang juga menginginkan perkembangan karier, tentu saja diperlukan usaha lebih keras untuk bertahan. Dalam banyak hal, di banyak industri, ada bias institusional yang kuat terhadap cara laki-laki dalam melakukan sesuatu, dan inilah yang membuat wanita memiliki ruang gerak yang terbatas. Oleh karenanya, berikut adalah beberapa tips sukses bagi wanita yang bekerja di antara dominasi pekerja pria.

Seharusnya Wanita yang Bekerja di Tengah Dominasi Pria Melakukan Hal Ini agar Tetap Bertahan!

Tetap Percaya Diri

membangun rasa percaya diri
Sumber : magees

Bekerja di industri yang didominasi laki-laki seringkali membuat Anda merasa kurang percaya diri, terutama soal perkembangan karier. Untuk tetap bertahan dan mengukir kesuksesan karier di industri tersebut, tentu diperlukan rasa percaya diri di dalam diri Anda. Perlu menjadi lebih berani, optimis dan mengatakan apa yang ingin Anda katakan demi melindungi pekerjaan yang sangat ingin Anda kembangkan. Biarkan pikiran Anda bertahan pada kemenangan terakhir dan bukan kekalahan. Selain itu, fokuslah selalu pada pencapaian yang Anda tetapkan untuk dicapai di masa depan.

Baca Juga: Hati-Hati! Impostor Syndrome Bisa Mengganggu Produktivitas dan Percaya Diri

Jadilah Wanita yang Dihormati daripada Menjadi Disukai

percaya diri saat berbicara

Berhenti berharap menjadi karyawan yang disukai, tapi belajar untuk tetap menjadi sosok wanita pekerja yang dihargai. Kata “maaf” yang sering Anda katakan untuk menenangkan situasi panas di kantor memang membuat Anda terlihat lebih baik, namun sayangnya ini menurunkan nilai Anda. mengatakan “maaf” terlalu banyak dapat merusak komunikasi mereka, dan minoritas yang signifikan menganggap sebaiknya tidak menggunakan kata sama sekali. Di dunia korporasi, mereka yang selalu mencoba untuk menenangkan orang lain terlalu sering diinjak-injak daripada dihargai.

Cobalah Mengambil Peran sebagai Pemimpin

dibenci oleh bos

Meskipun Anda bekerja di tengah dominasi pria, bukan hal tidak mungkin bagi seorang wanita untuk menjadi pemimpin. Jika Anda pandai dalam pekerjaan tersebut dan melihat ada peluang untuk mengambil tanggung jawab lebih besar untuk memimpin tim, maka jangan sia-siakan hal tersebut. Dorong diri Anda untuk menjadi orang yang tepat untuk masalah yang Anda tahu banyak dan dapat Anda atasi.

Menjadi Tukang Belajar yang Agresif

Sumber : The Muse

Kemampuan Anda menjadi satu-satunya hal yang bisa membantu Anda bertahan di tengah dominasi pria. Itulah mengapa, sudah seharusnya Anda menjadi seseorang yang terus belajar dengan agresif. Anda harus menunjukkan apa yang bisa Anda lakukan dan buatlah hasil yang memuaskan untuk setiap pekerjaan. Tingkatkan terus kemampuan diri dengan terus belajar dari berbagai media misalnya membaca buku, internet, atau mengikuti seminar-seminar. Buatlah perusahaan menilai Anda sebagai aset yang sangat berharga di tengah dominasi pria.

Beri komentar Anda tentang artikel ini