Demi Masa Depan Anda, Sebaiknya Abaikan Beberapa Tips tentang Karier Berikut Ini

tips tentang karier
sumber: hondapratamametropolis

JOB-LIKE – Mungkin selama ini Anda sudah sering melihat berbagai tips seputar karier di internet agar kinerja Anda di kantor bisa selalu maksimal. Namun, sebaiknya Anda jangan terlalu percaya tips-tips yang Anda lihat di internet tersebut. Sebab, tidak sedikit dari tips tersebut yang justru menyesatkan karier Anda. Oleh karena itu, Job-Like akan mengulas beberapa tips tentang karier yang menyesatkan dan sebaiknya Anda abaikan. Mengutip dari laman Monster, berikut beberapa tips tentang karier yang menyesatkan dan sebaiknya Anda abaikan agar karier Anda cemerlang.

Tips Tentang Karier yang Menyesatkan dan Sebaiknya Anda Abaikan

1. Meminta Promosi

bos yang dingin

Banyak sekali informasi di internet yang mengatakan bahwa Anda tidak akan pernah mendapatkan kenaikan gaji dan promosi jika tidak memintanya kepada atasan. Tetapi, menurut Lawrence Polsky, seorang Managing Partner PeopleNRG.com, sebaiknya Anda jangan pernah menanyakan hal sensitif yang satu ini kepada atasan Anda. Lanjut Polsky, sebaiknya Anda bekerja dengan maksimal agar promosi dan kenaikan gaji datang dengan sendirinya.

“Jangan pernah menanyakan kenaikan gaji dan promosi kepada atasan Anda. Bekerjalan dengan maksimal agar hal tersebut datang dengan sendirinya kepada Anda. Jika Anda sudah bekerja dengan maksimal tetapi kenaikan gaji dan promosi tidak kunjung datang, maka sudah saatnya Anda memikirkan untuk pindah ke perusahaan yang baru,” saran Polsky.

2. Mengikuti Keinginan Anda

Sumber : Good HouseKeeping

Ini juga merupakan tips tentang karier yang cukup menyesatkan. Menurut Heidi Nazarudin, seorang blogger profesional, mengatakan bahwa tidak semua hal yang kita inginkan bisa berdampak positif. Nazarudin mencontohkan dirinya sendiri. Nazarudin sangat menyukai seni fotografi, tetapi Nazarudin tahu bahwa menjadi seorang fotografer profesional tidak semudah seperti yang dia perkirakan. Nazarudin akhirnya memilih untuk menjadi banker di sebuah bank yang notabene bukan merupakan hal yang dia inginkan. Tapi, dia tetap harus menggelutinya dengan maksimal agar kariernya sebagai banker bisa terus beranjak.

“Jangan berpikir bahwa hal yang Anda inginkan bisa selalu menjadi mata pencarian Anda. Hidup tidak semudah yang Anda harapkan. Jika sekarang Anda memang sudah bekerja sesuai dengan apa yang Anda inginkan, maka Anda termasuk orang yang beruntung,” kata Nazarudin.

Baca Juga : Waspada, Para Oknum Biasanya Menipu Pencari Kerja dengan Cara-Cara Berikut!

3. CV yang Bagus Akan Membuat Anda Dipekerjakan oleh Perusahaan

cv yang efektif

Hal ini tidak sepenuhnya benar. Menurut Kyle Sexton, seorang pakar strategi pemasaran, CV yang bagus memang merupakan ‘peluru’ Anda agar bisa mendapatkan interview kerja di perusahaan. Tetapi, yang menjadi poin penting agar Anda dipekerjakan oleh perusahaan adalah sikap Anda ketika proses interview berlangsung.

“Banyak orang yang berpikir bahwa CV yang bagus sudah pasti membuat dirinya diterima di perusahaan. Hal ini sangatlah keliru, CV yang bagus hanya akan membuat Anda mendapatkan panggilan interview dan sikap Anda ketika interview itulah yang menjadi pertimbangan apakah Anda layak atau tidak untuk dipekerjakan. Sebaiknya Anda cari tahu terlebih dahulu profil perusahaan yang Anda lamar karena wawasan Anda harus luas tentang perusahaan tersebut. Dan inilah yang dinilai dari diri Anda, bukan CV Anda,” ujar Kyle.