Sebelum Video Call, Ikuti 5 Tips agar Penampilan Tetap Menarik

Pandemi global telah mengubah aktivitas keseharian. Di seluruh dunia, kemungkinan puluhan juta orang bekerja dari rumah sebagai bagian dari penerapan physical distancing. Akhirnya muncul sebuah kegiatan baru, yaitu duduk di depan webcam untuk melakukan video call berjam-jam melakuan rapat secara online

Sekarang Zoom, Skype, dan layanan lainnya telah mengambil alih kehidupan kita sehari-hari. Ini termasuk wawancara kerja, ngobrol santai bersama teman hingga rapat kantor. Nah, untuk kamu yang ingin tetap terlihat menarik saat video call, berikut ini terdapat beberapa saran yang bisa kamu ikuti: 

Atur Pencahayaan 

1 zoomable workplace home office ruang kerja rumah
Sumber: The Spruce

Pertama, fokuslah pada pencahayaan. Cahaya alami yang menghadap ke depan jendela adalah yang terbaik. Ini secara merata memberi aksen dan mencerahkan kulit serta memberi kualitas yang jelas.

Letakkan komputer di depan jendela, dan yang terpenting, pastikan bahwa cahaya matahari mengenai wajahmu secara langsung. Sebab membelakangi cahaya akan membuat tampilanmu jadi kurang bagus. 

Hindari Low Angles

Ini adalah salah satu aturan utama dalam pemotretan: jaga agar mata kamera setinggi atau lebih tinggi. Pastikan komputermu setidaknya sedikit lebih tinggi sehingga wajah kamu bisa terlihat jelas. 

Kamu dapat memberikan laptop tambahan alas seperti buku. Percayalah, sudut membuat perbedaan besar. 

Baca Juga: Harus Meeting Online Saat Work From Home? Ini Etika Video Konferensi

Rawat Kulit Meski Hanya Video Call

Jangan remehkan perawatan kulit sebelum video call. Kamera dapat membuat wajah terlihat sepuluh kali lebih buruk, karena layar komputer cenderung menyoroti hal-hal seperti minyak di wajah. Waspadai warna kulit yang tidak rata atau bibir pecah-pecah juga.

Kamu disarankan untuk menggunakan beberapa jenis perawatan wajah sebelum memulai video meeting. Seperti pelembab dengan warna yang sama dengan kulit, dan lip balm

Ketahui Dulu Seperti Apa Penampilan Sebelum Video Call

Persiapan itu penting.Kamu pasti tidak ingin bergabung dengan rapat online dengan wajah yang berantakam. Coba lakukan panggilan menggunakan webcam untuk persiapan. Selain itu, kadang orang suka lupa bahwa mereka ada di kamera, jadi berusahalah untuk lebih sadar bahwa kamu tengah melakukan video call.

Jika dalam rapat tersebut kamu hanya menjadi pendengar, matikan saja akses kamera dan kamu bisa memperbaiki penampilan dengan kaca. Dan setelah giliranmu untuk berbicara, nyalakan kembali akses kamera. 

Pilih Background Video Call yang Tepat

Meskipun rumah kamu tidak memiliki ruangan khusus untuk bekerja, cobalah dekorasi sedikit latar kamu melakukan video call. Atau kamu juga bisa arahkan ke warna solid. Hindari juga menggunakan atasan tanpa lengan. Pastikan juga background yang kamu gunakan bersih dan rapi.

Nah, itu beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya penampilan kamu semakin bagus saat tengah melakukan video call. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here