Ingin Tidur Lebih Nyenyak? 6 Makanan Ini Wajib Anda Konsumsi!

Lebih Nyenyak

Bagi sebagian orang, menghitung domba menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk segera terlelap di malam hari. Namun, cara tersebut tidak berlaku pada penderita insomnia yang bisa terjaga hingga dini hari, bahkan mampu tidak tidur sepanjang malam. Pada akhirnya, penggunaan obat tidur menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, namun itu dianggap tidak sehat. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi jenis makanan tertentu untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Yuk, simak penjelasannya berikut.

Tanpa Pil Tidur, Anda Bisa Tidur Lebih Nyenyak dengan Mengonsumsi Makanan Berikut Ini!

Pisang

Buah pisang menjadi salah satu buah yang banyak ditemui di Indonesia, dan menjadi jenis buah yang digemari mereka yang tengah melakukan program diet. Bukan hanya itu saja, ternyata buah pisang bisa membantu Anda lebih mudah mendapatkan tidur yang lebih nyenyak jika dikonsumsi sebelum jam tidur. Kandungan potasium dan magnesium mampu melemaskan otot-otot tubuh, di mana ketika otot menjadi lemas dan mengendur, Anda akan lebih mudah untuk tidur. Selain itu, vitamin B6 yang ada pada pisang menjadi sumber serat yang baik, merangsang serotonin yang mampu membuat tidur lebih berkualitas.

Salad Daun Selada

Kandungan lactucarium memiliki sifat penenang mirip opium ini ada di dalam daun selada. Jadi jika selama ini Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, cobalah menikmati sepiring salad selada sebagai camilan malam. Daun selada mampu mengurangi radang pada tubuh dan membuat tidur menjadi lebih rileks.

Baca Juga: Waspada! 5 Hal Ini Dapat Mengganggu Tidur Nyenyak Anda

Jus Ceri

Buah ceri kaya akan triptofan yang mampu merangsang melatonin, dan meningkatkan tingkat insulin di tubuh. Kandungan tersebut mampu membuat tubuh menjadi rileks dan mudah mengantuk, sehingga jus ceri cocok untuk Anda konsumsi sebelum tidur.

Teh Herbal

Ada beberapa jenis teh herbal yang sangat cocok untuk dinikmati sebelum beristirahat. Jenis teh yang paling populer adalah teh chamomile yang memiliki sifat anti-inflamasi dan mampu mengurangi nyeri otot juga punggung karena bertindak sebagai relaksasi otot dan saraf. Penelitian menunjukkan bahwa teh chamomile juga berfungsi sebagai anti depresan, sehingga mempromosikan tidur lebih baik dengan mengurangi kecemasan.

Susu Hangat

Mungkin minuman yang satu ini sudah cukup populer untuk dinikmati ketika sulit tidur. Segelas susu hangat yang tinggi kalsium, membantu dalam memproduksi melatonin dalam tubuh. Bahkan, penelitian juga mengatakan jika segelas susu hangat sama hangatnya seperti selimut tidur yang selalu Anda gunakan.

Kenari

Mengonsumsi kenari yang kaya akan triptofan, juga asam amino mampu membantu memproduksi serotonin dan melatonin untuk menenangkan pikiran serta mengatur jam istirahat tubuh. Beberapa pil tidur mengandung melatonin untuk mempercepat tidur, sehingga kenari memang benar-benar bisa menggantikan peran pil tidur secara alami. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Texas Health Science Center, 1 gram kenari mengandung antara 2,5 dan 4,5ng melatonin, yang membantu tidur lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here