Ingin Tidur Nyenyak Selama Berkemah? Ini Tipsnya!

tidur nyenyak selama berkemah

Memasuki musim liburan, beberapa orang mungkin memilih untuk menghabiskannya untuk pergi berkemah baik itu di gunung atau mungkin di halaman belakang rumah. Mengasyikan memang bisa memandang indahnya bintang-bintang yang bertaburan di langit. Namun, apakan dengan begitu Anda dan pasangan atau anggota keluarga lain bisa tidur nyenyak? Yang perlu Anda ingat adalah tenda bukanlah tempat tidur yang benar-benar nyaman, apalagi jika Anda melakukannya di gunung, cuaca dingin akan membuat Anda semakin sulit tidur nyenyak. Namun bukan berarti Anda harus mengganti rencana liburan Anda, dengan mengikuti beberapa cara berikut, niscaya tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

Baca Juga:Mengenal Lebih Jauh tentang Glamping, Berkemah Ala Milenial

Tambahkan Alas Tambahan

Sumber: reviewfinch

Pertama kali yang harus Anda lakukan agar bisa tidur nyenyak saat berkemah adalah menambahkan alas tambahan yang empuk dan lembut. Jika tidak, maka Anda harus menghadapi kerasnya tanah, atau bahkan tajamnya kerikil-kerikil di bawah tenda Anda. Tidak perlu bingung dimana mencarinya, sebab toko perlengkapan berkemah pasti memiliki alas tambahan yang lembut nan ringan. Lapisan tersebut ada yang bisa diisi udara, atau terbuat dari bahan busa, selain itu beberapa toko juga mengizinkan Anda untuk menyewanya. Pastikan juga untuk membersihkan alas tenda dari batu, kerikil agar permukaan tenda menjadi lebih halus dan rata.

Buat Tenda Menjadi Lebih Hangat

Sumber: Bukalapak

Saat berkemah, Anda tidak bisa memprediksi sedingin udara di lokasi Anda . Jika tidak ingin kedinginan, maka pastikan untuk membuat tenda selalu hangat. Caranya adalah dengan memilih kantong tidur yang memang dirancang untuk menangani kondisi tersebut. Ada cara lain yang dapat Anda coba agar kantong tidur tetap hangat, yakni dengan memasukan botol berisi air panas ke dalam lapisan kantong tidur. Dengan begini, suhu di dalam kantong tidur akan selalu hangat.

Siapkan Bantal

Sumber: slatic

Mempertahankan postur tidur yang sama dengan cara berbaring di tempat tidur menggunakan bantal dapat membantu Anda merasa lebih rileks. Namun, jika Anda berkendara ke tempat perkemahan, pertimbangkan untuk membawa bantal dari rumah. Jika Anda mendaki ke gunung, Anda mungkin lebih disarankan untuk membawa bantal busa kecil yang lebih portabel yang dapat dibeli di toko barang berkemah. Dengan begini, dijamin Anda bisa tidur nyenyak sepanjang malam.

Air Plug dan Masker Mata

Sumber: AliExpress

Terakhir, jangan lupa untuk menyelipkan sepasang air plug dan masker mata ke dalam ransel Anda. Kedua benda ini dapat membantu Anda tidur nyenyak hingga pagi dan terhindar dari suara-suara bising yang mungkin dapat terdengar selama tidur seperti suara dedaunan yang tertiup angin malam, atau bahkan suara dengkuran teman Anda. Selain itu, jika memungkinkan, cobalah untuk tetap melakukan rutinitas sebelum tidur normal seperti menggosok gigi, dan mencuci muka. Kegiatan ini akan memberikan sinyal kepada tubuh bahwa sudah saatnya untuk tidur sehingga Anda bisa tidur nyenyak sepanjang malam di tenda.

Baca Juga:Tips Persiapan Berkemah yang Harus Dimiliki Secara Pribadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here