Anti Tekor, Ubah Gaya Hidup Kamu dengan Melakukan Ini

Banyak orang yang sudah menabung tapi kondisi keuangannya tidak mengalami perbaikan. Salah satu penyebabnya adalah terlilit oleh utang. Tapi, ada hal lain yang juga bisa membuat kondisi keuangan jadi tidak sehat, yaitu terlalu sering mengikuti tren dan gaya hidup.

Seorang karyawan punya gaji yang pas-pasan. Secara rutin ia menyisihkan sebagian dari gajinya untuk ditabung. Namun, ia juga gemar membeli gadget keluaran terbaru. Di lain waktu, ia sering bepergian ke luar kota dan luar negeri untuk kesenangan pribadi. Dengan gaya hidup yang seperti ini, jelas saja kondisi keuangannya akan terganggu.

Agar kondisi keuangan tetap sehat, kamu harus merubah gaya hidup. Yaitu, melakukan kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan oleh mereka yang sudah sukses secara finansial. Nah, mau tahu kebiasaan apa saja itu? Yuk, simak beberapa di antaranya:

Jadikan Investasi Sebagai Gaya Hidup

Ada banyak tujuan bisa dicapai oleh orang yang menabung. Di antaranya, menabung untuk membeli barang, menabung untuk dana darurat, atau menabung untuk dana pensiun. Tapi, kalau kamu ingin kondisi keuanganmu semakin baik, jangan lupakan menabung untuk berinvestasi.

Dengan berinvestasi, bukan saja kamu bisa berhemat. Lebih dari itu, kamu bisa mendapatkan hasil investasi yang nantinya bisa dipergunakan untuk banyak hal. Salah satunya, biaya pendidikan anak.

Menambah Sumber Penghasilan

Terlalu sering mengikuti tren dan gaya hidup bisa membuatmu tekor di akhir bulan. Apalagi kalau penghasilan yang dimiliki sangat terbatas. Oleh karenanya, cobalah untuk menambah sumber penghasilan.

Salah satu caranya dengan berbisnis. Buat karyawan, kamu bisa mengerjakan pekerjaan sampingan. Asalkan, kamu bisa membagi waktu dengan baik.

Baca Juga: Jangan Hanya Berhemat, Kamu Juga Perlu Meningkatkan Income

Meng-Upgrade Kemampuan

Kalau kamu belum memiliki waktu dan modal untuk berbisnis, jangan putus asa. Ada hal lain yang bisa kamu lakukan, yaitu menambah dan meningkatkan kemampuan. Dengan begini, kamu jadi punya nilai lebih di mata atasan. Sehingga, kariermu akan semakin cerah di masa depan.

Selain kemampuan yang berhubungan dengan pekerjaan, kamu juga bisa menambah wawasan dan kemampuan di bidang yang lain. Seperti bisnis atau investasi. Sehingga, dengan pengetahuan yang kamu miliki, kamu bisa sukses berbisnis dan berinvestasi pada waktunya nanti.

Bergaul dengan Orang Sukses

Orang-orang sukses umumnya memiliki ide dan inovasi untuk bisa menambah penghasilan. Mereka juga mampu melihat dan memanfaatkan kesempatan dengan baik. Lebih dari itu, orang-orang sukses punya cita-cita dan ambisi yang jarang dimiliki oleh orang lain.

Oleh karenanya, ada baiknya kamu bergaul dengan orang-orang sukses. Agar, kamu bisa menambah wawasan dan perlahan mengubah cara pandang yang dimiliki. Sehingga, kamu juga bisa jadi seperti mereka.

Jangan Jadi OKB

Ada kalanya kamu mendapatkan penghasilan ekstra. Semisal, berupa bonus perusahaan, atau profit dari berbisnis. Tapi ingat, agar kondisi keuangan sehat, kamu harus merubah gaya hidup. Hindari melakukan kebiasaan-kebiasaan negatif ala OKB alias orang kaya baru.

Ada baiknya kamu tidak menghambur-hamburkan penghasilan ekstra yang baru saja didapatkan. Untuk itu, penghasilan ekstra yang didapatkan bisa ditabung, dijadikan modal usaha ataupun diinvestasikan.

Mengikuti tren dan gaya hidup hanya mendatangkan kesenangan dan kebahagiaan yang sifatnya sementara. Jika penghasilanmu terbatas dan sering melakukannya, kondisi keuanganmu lama-lama bisa berantakan. Apalagi kalau tidak melakukan bujeting dengan baik. Untuk itu, lakukan beberapa kebiasaan di atas agar kondisi keuanganmu tidak terganggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here