Tips Jitu Mengatur Biaya Pernikahan yang Sering Menjadi Masalah Banyak Pasangan

mengatur biaya pernikahan
sumber: tribunnews

Pernikahan tentunya menjadi salah satu momen yang ditunggu bagi setiap pasangan. Namun, kita semua tahu bahwa menikah bukanlah perkara yang cukup mudah. Tidak hanya membutuhkan kesiapan mental, tapi juga kesiapan finansial. Hal ini dikarenakan biaya-biaya pernikahan, seperti pre-wedding, pesta pernikahan, hingga biaya rumah tangga bukanlah sesuatu yang bisa dikatakan murah. Tidak heran jika masalah finansial perlu dipersiapkan dengan matang ketika ingin merencanakan sebuah pernikahan. Apalagi, saat ini biaya pernikahan semakin tinggi dan sering kali menjadi penghambat pasangan-pasangan yang ingin melanjutkan ke jenjang yang serius ini. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Kendala-kendala tersebut tentunya bisa diatasi. Dikutip dari Kompas, inilah beberapa tips untuk mengatur biaya pernikahan yang bisa Anda coba.

Tips Mengatur Biaya Pernikahan yang Bisa Anda Coba

1. Catat Segala Biaya Pengeluaran untuk Pernikahan

Tips mengatur biaya pernikahan yang pertama adalah dengan mencatat segala pengeluaran untuk pernikahan tersebut. Dana yang dibutuhkan untuk biaya pernikahan tentunya bukan sesuatu yang kecil, sehingga perlu dipersiapkan secara matang dan terancang dengan baik. Untuk itu, dibutuhkan susunan budget dan biaya atau pengeluaran guna membantu perencanaan pernikahan. Misalnya, Anda dan pasangan menyisihkan sekitar 25 persen dari pemasukan selama dua tahun sebelum melaksanakan pernikahan. Dana tersebut tentunya cukup besar untuk memenuhi segala kebutuhan pernikahan kalian nantinya.

Baca Juga: Cara Sederhana untuk Memberitahukan Pacar Bahwa Anda Ingin Segera Dilamar

2. Mulai Tinggalkan Kebiasaan yang Menghamburkan Uang

Sumber : Design Sponge

Ketika Anda dan pasangan sudah memutuskan untuk menikah, tentu saja ada beberapa hal dan kebiasaan yang harus Anda dan pasangan ubah. Misalnya, mengurangi kencan-kencan yang dapat menghabiskan uang. Akan lebih baik jika uang tersebut ditabungkan guna membiayai pernikahan kalian nantinya. Anda juga bisa meninggalkan kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Uang tersebut bisa Anda sisihkan untuk tabungan pernikahan. Mulailah berhemat dan menabung. Dengan begitu, pernikahan yang Anda berdua impikan dapat segera terwujud.

3. Rencanakan dan Rancang Konsep Pernikahan

Ketika Anda ingin melakukan sesuatu yang besar, alangkah baiknya jika Anda merencanakan dan merancang konsepnya terlebih dahulu. Begitu juga dengan urusan pernikahan. Misalnya, kapan rencana Anda akan menikah, tempat untuk melangsungkan pernikahan, berapa banyak tamu yang akan diundang dan lain sebagainya. Setelah itu, barulah Anda dan pasangan bisa memulai untuk merincikan biaya-biaya dari berbagai kebutuhan dan keperluan tersebut. Dengan begitu, nantinya konsep pernikahan Anda akan lebih matang dan dapat berjalan sesuai rencana.