Wawancara Kerja Saat Puasa? Perhatikan 5 Hal Penting ini agar Lancar

Bulan Ramadan memang merupakan momen yang sangat baik untuk memperbanyak ibadah. Namun, bukan berarti kamu mesti mengalami penurunan produktivitas pada bulan suci tersebut, ya. Jangan melewatkan kesempatan wawancara kerja saat puasa bila kamu sedang dalam tahap mencari pekerjaan.

Wawancara kerja saat puasa akan tetap berlangsung lancar kalau kamu memperhatikan lima hal penting berikut ini:

Tetap Menjaga Kebersihan Tubuh

Menjalani ibadah puasa bukanlah tak boleh menjadi alasan untuk mengabaikan kebersihan tubuh, ya. Apalagi kalau kamu akan melakukan wawancara kerja saat puasa. Jangan lupa mandi yang bersih sebelum berangkat wawancara.

Tubuh yang bersih akan membuatmu merasa segar sehingga lebih percaya diri menghadapi pewawancara. Sehingga kamu pun bisa menjawab seluruh pertanyaan wawancara dengan lancar.

Baca Juga: WFH Selalu Lancar kalau Kamu Mendapat Ide Saat Mandi, Kok Bisa Sih?

Menghindari Konsumsi Makanan Penyebab Bau

Bau badan dan bau mulut bisa bertambah parah selama berpuasa kalau kamu mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu seperti bawang putih dan bawang merah, keju, susu, daging merah, telur, dan lainnya. Sebaiknya kamu menghindari konsumsi makanan tersebut sehari sebelum menjalani wawancara kerja saat puasa (terutama pada waktu sahur).

Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak air agar terhindar dari bau badan dan bau mulut sekaligus menghidrasi tubuh selama seharian. Jangan lupa pula berkumur dengan mouthwash atau air bersih supaya rongga mulut bersih dan bebas bau, ya.

Datang Lebih Awal Sebelum Wawancara Kerja

Meski puasa kali ini masih dalam situasi pandemi, ada kalanya sesi wawancara tetap dilakukan secara tatap muka. Nah, seperti sesi wawancara kerja pada bulan lainnya, kamu juga wajib datang lebih awal sebelum wawancara kerja saat puasa. Usahakan untuk datang 30 menit hingga 1 jam sebelum jadwal wawancara sehingga kamu punya waktu rileks sejenak.

Jangan sampai kamu terlalu lelah akibat menempuh kemacetan menjelang wawancara karena kamu tidak bisa minum selama berpuasa. Gunakan waktu yang tersisa sebelum sesi wawancara untuk merapikan penampilan dan menyiapkan jawaban wawancara.

Menjaga Fokus Selama Wawancara Kerja Berlangsung

Fokus saat berpuasa memang rentan terganggu karena tubuh kekurangan cairan. Oleh sebab itu, kamu harus telaten menjaga fokus selama wawancara berlangsung.

Usahakan mengonsumsi banyak air sehari sebelum menjalani sesi wawancara. Jangan sampai fokusmu terganggu karena kondisi kesehatan menurun atau gangguan lainnya seperti notifikasi gadget.

Meminimalkan Pembahasan tentang Tempat Kerja Lama

Tak dapat dipungkiri bahwa pembahasan tentang tempat kerja lama sering jadi topik saat wawancara kerja berlangsung. Namun, sebaiknya kamu tidak terpengaruh dengan topik ini, terutama pada sesi wawancara kerja saat puasa.

Selain mengurangi nilai karaktermu di mata pewawancara, pembahasan bernada negatif tentang tempat kerja lama juga mengarah ke ghibah. Kamu tentu tak mau kan puasamu batal hanya karena membicarakan hal-hal buruk seputar pengalaman kerjamu?

Usai menyimak ulasan ini, semoga kamu bisa melewati tahap wawancara kerja saat puasa dengan lancar. Tunjukkan kalau kamu adalah kandidat karyawan profesional yang layak diperhitungkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here