Tips Sukses Menjalani Wawancara Saat Jam Kerja Kantor

Bagi kamu yang sudah bekerja, melakukan wawancara di saat jam kerja tentunya membawa persoalan tersendiri. Apalagi jika kamu sangat sibuk dengan pekerjaanmu yang sekarang. Belum lagi kamu harus berusaha mendapatkan izin untuk tidak masuk kantor atau meninggalkan kantor saat jam kerja. Di sisi lain, perusahan yang merekrut karyawan umumnya menetapkan jadwal wawancara pada saat jam kerja.

Jika kamu adalah karyawan yang sibuk, kamu tentunya harus membagi waktu dan perhatian antara menyelesaikan pekerjaan dan mempersiapkan wawancara. Jika tidak mampu melakukannya, bisa-bisa kamu tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Kalau sudah begini, kamu bisa mendapat teguran dari atasan. Sebaliknya, kamu juga bisa tidak diterima bekerja karena kurang melakukan persiapan wawancara.

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar kamu bisa melakukan wawancara di saat jam kerja dengan baik.

Sama Sekali Tidak Masuk Kantor

Agar kamu bisa fokus mempersiapkan wawancara dengan baik, cara yang terbaik adalah dengan tidak masuk kantor. Dengan begini, kamu bisa melakukan wawancara kerja dengan tenang. Kamu bahkan bisa melakukan wawancara untuk lebih dari satu perusahaan pada hari yang sama.

Tapi, agar bisa tidak masuk kantor, kamu tentunya membutuhkan izin untuk tidak masuk kantor. Untuk itu kamu bisa menggunakan waktu cuti yang diberikan kantor untuk karyawannya.

Baca Juga: Panduan Menulis Surat Izin Kerja Saat Berhalangan Masuk Kerja Kantor

Gunakan Waktu Istirahat untuk Wawancara di Saat Jam Kerja

Jika lokasi wawancara berdekatan dengan kantor, kamu bisa menggunakan waktu istirahat makan siang untuk melakukan wawancara kerja. Tapi, pastikan kamu sudah menetapkan jadwalnya dengan pewawancara. Selain itu, jika kamu akan memilih menggunakan waktu makan siang, sebaiknya sepakati jadwalnya jauh-jauh hari sebelumnya. Sehingga kamu punya banyak waktu untuk melakukan persiapan.

Yang tidak boleh dilupakan, persiapkan beberapa alasan jika kamu harus terlambat masuk kantor kembali. Karena, bisa jadi kamu terlambat menghadiri wawancara atau durasi wawancara terlalu lama sehingga kamu akhirnya jadi terlambat.

Meminta Waktu Wawancara di Luar Jam Kerja

Meski jarang dilakukan, kamu bisa meminta waktu wawancara di luar jam kerja. Semisal, jika jam kantor dimulai pada pukul 9 atau 10 pagi, kamu bisa membuat jadwal wawancara pada jam 7 atau 8 pagi. Namun, jika kamu melakukannya, ada kemungkinan kamu akan terlambat masuk kantor. Lagi-lagi, persiapkan beberapa alasan jika kamu harus terlambat masuk kantor.

Tips lain agar kamu bisa melakukan wawancara saat jam kerja dengan baik, yaitu dengan berkata sebenarnya pada atasan. Sampaikan secara terbuka pada atasan bahwa kamu bermaksud mengembangkan kariermu di perusahaan lain. Sampaikan pula alasannya. Bukan tidak mungkin atasanmu ikut mendukung langkahmu itu. Sehingga, ia bisa menerima alasanmu untuk melakukan wawancara pada saat jam kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here