Gandeng Pemilik UMKM, Tokopedia Luncurkan Mitra Tokopedia

Rangkul Pemilik UMKM, Tokopedia Luncurkan Mitra Tokopedia
Source: hangga

Tokopedia belum lama ini meluncurkan sebuah aplikasi khusus bagi pemilik UMKM. Aplikasi tersebut diberi nama Mitra Tokopedia.

Aplikasi Mitra Tokopedia menjadi bagian dari konsep online to offline (O2O) yang sedang digalakkan oleh Tokopedia. Lewat aplikasi ini para pemilik UMKM seperti misalnya, kios, warung atau toko kelontong bisa ikut serta memasarkan berbagai produk digital dan layanannya.

Dilansir Teknologi, beberapa produk dan layanan yang bisa dibeli lewat aplikasi Mitra Tokopedia adalah token listrik, paket data, token listrik, voucher game, dan produk lainnya.

Cara Kerja Aplikasi Mitra Tokopedia

Untuk bisa berjualan produk digital pemilik toko atau warung terlebih dahului harus melakukan verifikasi dengan mengunggah data diri berupa KTP. Selanjutnya diperlukan saldo yang bisa ditransfer ke e-wallet.

Cara Kerja Aplikasi Mitra Toko pedia
Foto: tribunnews

Jumlah saldo minimal yang bisa ditop-up dalam sekali pengisian adalah Rp 10 ribu. Sedangkan maksimalnya Rp 100 ribu. Jumlah total saldo yang bisa ditampung adalah Rp 100 juta dalam satu periode waktu tertentu. Saldo milik para Mitra Tokopedia ini bisa ditarik sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

“Kami yakin Mitra Tokopedia bisa menjadi solusi bagi para pemain ritel tradisional, untuk dapat ikut serta berpartisipasi dalam tren perkembangan teknologi. Khususnya terkait perdagangan online, dengan cara yang lebih mudah, cepat dan efisien,” papar Melissa Siska, selaku Chief Operating Officer (COO) Tokopedia.

Baca Juga: Startup E-Commerce Harus Belajar dari Kasus Flash Sale Tokopedia

Selain bisa digunakan untuk berjualan produk digital, aplikasi Mitra Tokopedia juga bisa digunakan untuk melakukan pembelian barang secara grosir. Kemudahan ini akan bermanfaat bagi pemilik toko atau warung yang menjadi mitra. Barang yang dibeli akan diantarkan oleh kurir ke lokasi toko atau warung. Namun demikian kemudahan ini baru bisa digunakan oleh mitra Tokopedia yang berada di Bekasi. Mendatang, layanan ini diharapkan dapat digunakan pula oleh mitra Tokopedia yang berada di kota-kota lainnya.

Layanan serupa Mitra Tokopedia dan aplikasinya ini sebelumnya juga sudah diterapkan oleh Bukalapak. Bukalapak menamakannya layanan ‘Mitra Bukalapak’. Pada bulan November ini sudah ada 350,000 ribu kios dan warung yang sudah teregistrasi menjadi mitra. Bagi para mitranya, Bukalapak menyiagakan lebih dari 20 lokasi pengiriman barang kebutuhan untuk jualan. Sedangkan bagi para pembeli toko atau warung, Bukalapak menyiapkan teknologi QR code untuk memudahkan pembelian dan pembayaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here