Mempersiapkan Olimpiade 2020, Tokyo National Stadium Akan Segera Direnovasi

stadium
Sumber: dezeen

Dua tahun lagi gala Olimpiade akan segera berlangsung. Kini negara yang menjadi tuan rumahnya kedua kalinya adalah negara Jepang. Olimpiade merupakan suatu pertandingan olahraga amatir antar bangsa yang diadakan setiap empat tahun sekali di negeri yang berlainan. Jadi akan ada banyak macam olahraga, seperti lempar lembing, tolak peluru, lari maraton, berenang, sepak bola dan olahraga lainnya. Namun, setiap cabang olahraga akan diadu dengan negara-negara yang berbeda untuk meraih medali emas bagi yang juara satu, medali perak untuk juara kedua dan medali perunggu yang menjadi kedudukan terakhir.

Pada Awalnya, Olimpiade hanya berlangsung di Yunani kuno sampai pada akhirnya di tahun 393 M Olimpiade kuno ini dihentikan oleh seorang Kaisar Romawi, Theodosius. Olimpiade yang sempat ‘mati’ kemudian ‘dihidupkan’ kembali oleh seorang bangsawan Perancis bernama Pierre Frèdy Baron de Coubertin pada tahun 1896. Dalam kongres pada tahun 1894 yang diselenggarakan di Paris, didirikanlah Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan ibu kota Yunani, Athena dipilih sebagai tuan rumah Olimpiade modern pertama tahun 1896. Lalu, yang dilakukan di tahun 1896 sampai sekarang, yang selalu diadakan setiap empat tahun sekali Olimpiade Musim Panas senantiasa diadakan.

Tahun 2020 Jepang Akan Menjadi Tuan Rumah Olimpiade Berikutnya

Tokyo National Olympic Stadium,  yang dibuka untuk pertama kalinya pada 56 tahun yang lalu, telah mengadakan acara final AFC Champions League kemarin. Saat ini sedang dalam tahap renovasi untuk persiapan Tokyo 2020 Olympiade.

The Tokyo National Olympic Stadium, yang terletak di Shinjuku, Tokyo, Jepang, sempat terpilih untuk Olimpiade di tahun 1964 dan terpilih lagi untuk kedua kalinya pada Olimpiade tahun 2020. Stadion ini akan segera direnovasi untuk diperbesar kapasitasnya yang kini sedang dirancang oleh arsitek Zaha Hadid. Stadion baru ini terpilih menjadi tuan rumah untuk Olimpiade Musim Panas 2020 dan Paralimpiade (olahraga untuk atlet yang mengalami cacat fisik, mental, dan sensoral), serta Piala Dunia Rugby 2019.

Stadion yang selesai pembangunannya pada tahun 1958 dan menjabat sebagai Stadion Nasional Jepang di lokasi bekas Stadion Meiji Shrine Outer Park dan terpilih sebagai stadion utama untuk pembukaan dan penutupan upacara, serta menjadi tempat lintasan dan lapangan pada Olimpiade Musim Panas 1964. Tempat ini tidak mengalami kerusakan pada gempa dan tsunami Tohoku 2011 karena aturan pembangunan yang ketat di Jepang yang menyerukan agar berbagai struktur bangunan secara khusus tahan terhadap gempa yang kuat.

AKB48, Arashi, dan Momoiro Clover Z pernah mengadakan konser di stadion ini dan membuat sejarah dengan menjadi bagian dari segelintir aksi terakhir di Stadion Nasional Tokyo ini, sebelum pekerjaan rekonstruksinya yang akan dimulai menjelang Olimpiade Tokyo 2020.