Saatnya Menerapkan Strategi Blue Ocean untuk Menonjolkan Bisnis

Persaingan bisnis memang harus disiasati dengan cara yang tepat agar kamu bisa memenangkannya. Tak sedikit bisnis yang gulung tikar karena kalah dalam persaingan pasar. Agar bisnis kamu tidak mengalami hal serupa, sudah saatnya kamu menerapkan strategi blue ocean untuk memperbesar peluang kesuksesan bisnis.

Mau tahu lebih banyak tentang strategi blue ocean di dunia bisnis? Yuk simak dulu ulasannya berikut ini!

Mengenal Definisi Strategi Blue Ocean

Secara harfiah, strategi blue ocean dapat didefinisikan sebagai upaya membuka pangsa pasar baru demi meminimalkan persaingan dengan kompetitor sejenis. Strategi ini pertama kali dikemukakan oleh W. Chan Kim dan Renee Mauborgne.

Penerapan blue ocean diharapkan meminimalkan persaingan pasar yang ketat karena para pebisnis termotivasi untuk membuka bidang bisnis baru yang minim persaingan.

Mempelajari Kondisi Pasar Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan strategi blue ocean adalah mempelajari kondisi pasar terlebih dahulu. Poin penting ini pernah sukses dipraktikkan oleh perusahaan teknologi raksasa, Apple.

Melalui riset mendalam, Apple berhasil menciptakan kelas ponsel pintar yang eksklusif dan berbeda dibandingkan jenis ponsel pintar lainnya. Itulah sebabnya para pengguna produknya tergolong setia dan tidak mudah beralih ke produk lainnya.

Baca Juga: Yuk, Intip Poin Utama Memulai Bisnis Baru dari Digital Marketing Strategist

Kalau kamu berhasil menerapkan strategi ini pada bisnismu, maka kamu akan lebih leluasa mengatur harga produk. Sebab bisnis kamu berbeda dengan bisnis lain, maka masyarakat tidak punya kesempatan untuk memilih produk kompetitor.

Menciptakan Konsep Unik agar Orang Semakin Penasaran

Konsep bisnis yang unik memang senantiasa membuat banyak orang penasaran. Kamu tentu masih ingat popularitas keripik singkong super pedas aneka level yang dulu sangat tersohor.

Saat itu, belum ada produk serupa yang menjadi kompetitornya. Sang pebisnis keripik singkong juga membatasi jumlah penjualan produknya, hanya beredar di tempat-tempat tertentu secara random dengan informasi terbatas.

Cara unik ini jelas membuat semakin banyak orang penasaran ingin mencicipinya. Setelah produk kuliner tersebut memiliki banyak kompetitor, popularitasnya agak menurun. Terutama setelah dipasarkandi minimarket.

Ide bisnis lain yang tak kalah menarik bila dijalankan dengan strategi ini adalah produk salad buah murah. Saat ini, mayoritas brand bisnis salad masih membanderol produknya dengan harga mahal. Sehingga tidak semua orang berkesempatan mencoba menu makanan sehat ini. Produk salad buah yang murah dan sehat adalah salah satu pangsa pasar baru yang sangat potensial dan minim kompetitor.

Jadi, siapkah kamu membuat pangsa pasar sendiri dan menerapkan strategi blue ocean secara tepat?

Wujudkan rencana bisnismu sesegera mungkin agar tidak didahului oleh para kompetitor, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here