Tradisi Potluck: Solusi Makan Sehat, Hemat, dan Sedap di Kantor

Biaya makan siang sering kali membuat pengeluaranmu semakin boros setiap bulan. Celakanya, hal ini kerap tidak disadari terutama bila kamu hobi mengonsumsi makanan yang harganya mahal. Sebaiknya kamu dan rekan-rekan kerja memulai tradisi potluck di kantor agar makan siang jadi lebih hemat dan tetap sehat.

Apa yang dimaksud dengan tradisi potluck di kantor? Sebelum mencobanya sendiri, sebaiknya kamu menyimak ulasan ini terlebih dahulu!

Mengenal Definisi Potluck

Potluck dapat didefinisikan sebagai aktivitas makan bersama yang menu makanannya berasal dari para peserta. Setiap peserta potluck diharuskan membawa satu jenis makanan. Sehingga nantinya terkumpul beberapa menu makanan yang berbeda untuk disantap bersama-sama.

Tradisi yang satu ini sudah mulai populer sejak akhir abad ke-19. Kala itu para wanita Irlandia memasak makanan dengan bahan-bahan seadanya dan membagikannya untuk disantap beramai-ramai. Nah, kamu juga bisa nih mengadopsi tradisi potluck di kantor agar suasana makan siang lebih mengasyikkan.

Baca Juga: Wahai Para Bos, Ini Dia Manfaat Mengajak Karyawan Makan Siang Bersama!

Bagaimana Cara Mengadakan Potluck di Kantor?

Bila kamu dan rekan-rekan kerja berencana mengadakan potluck di kantor, lakukanlah beberapa hal ini agar rencana potluck berlangsung lancar.

  • Menghitung jumlah karyawan yang akan mengikuti acara potluck. Kemudian masing-masing peserta diwajibkan membawa satu jenis makanan.
  • Menentukan jenis makanan yang akan dibawa setiap hari. Misalnya, bergantian membawa nasi, sayur, lauk, dan buah. Alangkah lebih baik kalau penentuan jenis makanannya dilakukan secara bergantian agar tidak mudah bosan.
  • Jenis makanan harus ditentukan secara spefisik minimal satu hari sebelumnya. Contohnya, kamu mengajukan diri untuk membawa lauk berupa ayam goreng atau sayur kangkung tumis. Hal ini penting untuk menghindari dua orang membawa makanan yang sama atau pengulangan menu dalam waktu dekat.
  • Pastikan kalau peralatan makan di kantor sudah lengkap dan cukup untuk kamu serta rekan-rekan kerja lainnya.

Manfaat Potluck bagi Para Karyawan

Kamu dan rekan-rekan kerja bisa memperoleh beberapa manfaat ini jika rutin mengadakan potluck di kantor:

  • Biaya makan siang menjadi lebih hemat karena kamu tidak perlu membeli makanan di luar kantor atau memesan dari jasa delivery ojek online.
  • Kualitas rasa dan gizi makan siangmu lebih terjamin dibandingkan membeli di sembarang tempat.
  • Variasi menu lebih beragam karena bisa ditentukan satu hari sebelumnya.
  • Menghemat waktu istirahat karena kamu tidak perlu pergi ke luar kantor dan antre membeli makan siang.
  • Mempererat keakraban dengan rekan-rekan kerja. Karena suasana makan siang bersama yang santai akan membuat semua orang merasa nyaman.

Aktivitas potluck yang dilakukan setiap hari di kantor merupakan tradisi baik yang memberikan banyak manfaat. Yuk, rencanakan potluck bersama rekan-rekan kerja dan rasakan manfaatnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here