Mistis, Tapi Unik! Ini Tradisi Indonesia yang Ada Sampai Saat Ini

Sumber: wajibbaca

Beberapa tradisi Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu, ternyata masih ada yang dilestarikan hingga di zaman modern ini. Perkembangan zaman yang begitu pesat tak lantas menghilangkan beberapa tradisi nenek moyang kita.

Dalam artikel kali ini, Job-Like Magazine akan mengulas empat tradisi Indonesia yang masih dilestarikan hingga saat ini. Beberapa di antaranya ada yang unik, dan ada juga yang mengerikan. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Ma’nene

Tradisi Indonesia
Sumber: huckmag

Ma’nene merupakan adat tradisional asal suku Toraja yang cukup terkenal di mata dunia. Tradisi adat yang satu ini cukup mengerikan dan dijamin membuat heran orang-orang yang melihatnya.

Tradisi Ma’nene merupakan proses penggantian baju terhadap jenazah yang sudah lama meninggal. Jenazah tersebut secara mistis dibangkitkan dari kematian, untuk kemudian dibersihkan dan digantikan pakaiannya oleh anggota keluarga yang masih hidup.

Suku Toraja sendiri masih melestarikan adat tradisional Ma’nene sampai saat ini. Karena keunikannya, tak heran jika proses ritual Ma’nene kerap menjadi daya tarik turis dan media asing.

Debus

Sumber: bantenwisata

Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia sudah cukup familiar dengan aksi debus yang sering dipertontonkan di jalan. Sayangnya, banyak orang Indonesia yang tidak tahu bahwa debus termasuk sebagai adat tradisional yang berasal dari Banten.

Debus merupakan atraksi ekstrim yang kental dengan unsur mistis. Pasalnya, para pelaku debus bisa kebal terhadap sayatan benda tajam, hingga mampu membelah buah durian dengan kepala telanjang tanpa bantuan alat pengaman apapun.

Tentu aksi debus yang unik dan ekstrim ini selalu mampu menarik minat masyarakat untuk menyaksikannya. Bahkan, di zaman modern seperti sekarang ini, atraksi debus juga masih sering diselenggarakan di berbagai acara adat di Banten dan sekitarnya.

Baca Juga: Tak Banyak Disadari, 4 Minuman Tradisional Indonesia yang Menyehatkan Badan

Ogoh-Ogoh

Sumber: tempo

Ogoh-ogoh merupakan adat tradisional asal Pulau Dewata Bali yang juga masih dilestarikan hingga saat ini. Ogoh-ogoh sebutan untuk patung raksasa yang dibuat oleh masyarakat Bali dalam rangka menyambut hari raya Nyepi.

Ogoh-ogoh berbentuk setan dan iblis dari kepercayaan Hindu seperti Rakshasa, Mayapada dan Naraka. Tujuan pembuatan Ogoh-ogoh untuk membasmi setan dan mahluk jahat lainnya ketika hari Nyepi tiba.

Nantinya, patung Ogoh-ogoh akan di arak dan kemudian dibakar sebagai tanda bahwa setan dan iblis telah dilenyapkan di hari Nyepi yang suci. Karena ukurannya yang besar, pembuatan patung Ogoh-ogoh bisa memakan biaya yang cukup tinggi.

Ngaleng Tendi

tradisi Indonesia
Sumber: blogspot

Terakhir, ada Ngaleng Tendi, yang merupakan adat tradisional suku Karo, Sumatera Utara. Ngaleng Tendi merupakan pertunjukan tari tradisional dengan elemen mistis. Biasanya, para penari di acara tradisional Ngaleng Tendi adalah para dukun dan ahli roh.

Para penari Ngaleng Tendi akan memanggil arwah para leluhur untuk merasuki dirinya sendiri, kemudian mereka akan menari dengan iringan musik tradisional khas suku Karo. Biasanya, pertunjukan adat ini diselenggarakan dalam rangka menyambut pesta adat pernikahan.

Itulah empat adat tradisional Indonesia yang masih dilestarikan sampai saat ini. Dari empat adat tradisional di atas, mana yang paling unik dan mengerikan menurut kamu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here