Tawarkan Kemudahan Transaksi, DANA Ingin Jadi Pemimpin di Ranah Dompet Digital

Tawarkan Kemudahan Transaksi, DANA Ingin jadi Pemimpin di Ranah Dompet Digital
Source: viva

DANA menyediakan layanan pembayaran secara online. Keberadaan DANA sebagai dompet digital telah mendapatkan izin BI dan aplikasinya sudah mulai bisa diunduh.

Inovasi teknologi digital telah mengubah perilaku masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan. Di era sekarang ini masyarakat menginginkan kemudahan dalam melakukan beragam transaksi keuangan Baik pembelian maupun pembayaran, tanpa mengesampingkan keamanan dan kenyamanan.

Hal ini membuka kesempatan bagi perusahaan startup untuk menyediakan layanan dompet digital yang memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi. Salah satunya adalah DANA.

Fitur DANA Dompet Digital

Fitur Dana Dompet Digital
Foto: sindonews

Dibandingkan beberapa layanan dompet digital lain seperti Doku, Sakuku atau T-Cash, usia DANA terbilang baru. Layanan ini diperkenalkan tahun lalu dan baru pada November lalu startup fintech ini merilis aplikasi untuk pengguna Android dan iOS.

Meski demikian, DANA mendapat sambutan cukup positif dari masyarakat. Dilansir Katadata, jumlah pengguna DANA telah mencapai 1 juta dalam tiga bulan semenjak dirilis pada bulan Maret lalu. Sedangkan aplikasi DANA menjadi aplikasi terbanyak yang diunduh di App Store menjelang Harbolnas 11.11.2018. Di Google PlayStore, DANA menjadi aplikasi terbanyak keenam yang diunduh.

Berbekal beragam fitur yang menyediakan kemudahan pembayaran, DANA bermaksud menjadi pemimpin di ranah dompet digital.

“Target kami pada 2019, menjadi dompet digital nomor satu di negeri ini,” ucap Vincent Iswara selaku CEO DANA.

Baca Juga: Kurangi Candu Uang Tunai, OVO Terus Perbanyak Merchant

Salah satu fitur yang ditawarkan Dana adalah kemudahan transaksi dengan menggunakan mesin pemindai yang tersedia di berbagai merchant. Saat ini sudah ada 600 mesin pemindai yang tersebar di berbagai merchant yang bekerja sama. Meski demikian, transaksi juga bisa dilakukan dengan menggunakan QR code.

Foto: mobitekno

DANA sendiri juga merupakan open platform sehingga marketplace online yang ada bisa menggunakannya sebagai dompet digital untuk digunakan oleh mitra penjual dan pembeli.

Untuk menyediakan layanan itu semua, DANA telah mengantongi izin BI sebagai lembaga keuangan digital, penyedia e-money, dompet elektronik dan layanan pembayaran Quick Response (QR).

Di sisi keamananan transaksi, DANA melengkapi layanannya dengan teknologi yang diklaim tingkat keamanannya sama dengan teknologi yang digunakan oleh perbankan. Startup yang berada dibawah naungan PT Elang Mahkota Teknologi ini juga melengkapi back-end-nya dengan Data Center (DC) dan Data Recovery Center (DRC). Dengan adanya dua data center tersebut DANA mampu menerapkan risk management lewat penanganan skalabilitas transaksi yang tinggi.

Beri komentar Anda tentang artikel ini