4 Tren CV Milenial Terkini yang Bisa Anda Manfaatkan dalam Merekrut Kandidat

Sumber : quality-staffing

Dalam pasar kerja yang dipimpin oleh kandidat, cara HRD dan perekrut menarik calon karyawan kini juga berubah. Jika Anda ingin berada di depan, Anda harus memperluas metode-metode yang Anda gunakan untuk merekrut, terutama dalam merekrut calon karyawan milenial. Milenial adalah generasi yang semakin berpengaruh dalam pasar kerja sekarang, sehingga Anda tidak bisa mengabaikan dampak mereka di pasar kerja. Salah satu dari hal baru yang dibawa milenial ke pasar kerja hari ini adalah tren membuat CV yang semakin bervariasi. Seperti apa tren CV milenial yang harus Anda ketahui dan persiapkan?

Fenomena Tren CV Milenial Unik Ini Bisa Membantu Anda Menyaring Kandidat Lebih Baik

CV Video

Video CV
sumber: dezzain

CV video adalah salah satu tren CV milenial yang semakin populer, dengan semakin banyaknya pula perusahaan yang mendorong fenomena ini. Mengingat sifat kandidat milenial yang ingin membuat aplikasi mereka jadi lebih menarik dan menonjol dari kandidat-kandidat lainnya, ini adalah cara yang unik bagi kandidat untuk untuk menunjukkan keahlian mereka dalam bidang kreatif. Selain itu, CV video juga memberikan kesempatan bagi milenial untuk menceritakan pengalaman dan menggambarkan keahlian-keahlian lain dengan cara yang lebih meyakinkan dan nyata.

Gunakanlah tren CV milenial dalam bentuk video ini untuk menilai kepribadian sang kandidat berdasarkan pada apa yang mereka katakan dan tampilkan serta cara menampilkannya. Manfaatkan ini dengan menyertakan pertanyaan-pertanyaan pada proses aplikasi Anda dan meminta kandidat menjawabnya pada CV video mereka.

Baca Juga: Ini Caranya Mengenali CV Berkualitas dalam Waktu Sekejap Saja

Blog Pribadi

Sumber : tribunnews

Bagi generasi sebelumnya, tren CV milenial ini mungkin terdengar agak aneh dan bahkan tidak profesional. Namun, pada kenyataannya, blog pribadi kini bukanlah sekedar untuk hobi. Ini bisa jadi sebuah alat yang sangat berguna bagi para perekrut yang ingin mendapatkan pengetahuan lebih dalam mengenai pribadi dan pola pikir seorang kandidat. Coba carilah tautan ke blog di aplikasi atau profil LinkedIn seorang kandidat. Lalu, tinjaulah gaya menulis, ketertarikan, dan passion sang milenial. Apalagi  jika sang kandidat memiliki blog yang terkait dengan bidang yang dilamarnya. Maka, ini akan bisa jadi bahan untuk menunjukkan komitmen, pengetahuan, dan ambisi sang kandidat.

Anda juga bisa proaktif dalam memanfaatkan fenomena ini dengan cara sengaja mencari blog di internet yang dibuat oleh jaringan kandidat Anda dan kemudian menghubungi kandidat potensial. Ini adalah sebuah cara untuk mengkonfirmasikan kredibilitas kandidat.

Saluran YouTube

Marketing Lewat Youtube

Dengan pengguna YouTube yang mencapai hampir satu milyar, maka tak heran jika platform ini menjadi salah satu tren CV milenial terbaru. YouTube memberikan saluran bagi para milenial untuk membagikan keahlian dan passion mereka. Mirip dengan fenomena CV video, Anda juga akan bisa menganalisa bagaimana cara sang kandidat berkomunikasi dan membawa diri. Ditambah lagi, Anda juga akan bisa melihat cara sang kandidat berinteraksi dengan para pemirsa mereka.

Kini, semakin banyak kandidat yang menambahkan tautan ke tipe konten seperti ini di CV mereka, sehingga Anda bisa memiliki akses yang lebih mudah lagi. Gunakan tautan ini untuk menambahkan informasi Anda mengenai seorang kandidat.

Proyek Kerelawanan

Sumber : bgcmasonvalley

Selain meninjau bagian pengalaman, kualifikasi, dan keahlian pada CV seorang kandidat, kini yang merupakan tren CV milenial paling umum adalah menyertakan sesi kerelawanan. Tinjaulah keterlibatan kandidat dalam proyek-proyek amal. Keahlian kunci seperti organisasi, komunikasi, kerja tim, dan bahkan kepemimpinan bisa didemonstrasikan lewat komitmen-komitmen ekstra seperti ini. Saat membandingkan dua kandidat yang mirip, komponen tambahan ini bisa membantu Anda menyoroti kandidat yang lebih cocok.

Selamat menyeleksi kandidat milenial Anda!

Beri komentar Anda tentang artikel ini