Tren Digital Marketing Tahun 2020 yang Sebaiknya Pebisnis Pahami

Tren digital marketing biasanya mudah berubah dari tahun ke tahun. Buat kamu yang tengah berbisnis dan sangat erat menggunakan pemasaran via digital, tentu butuh penyesuaian tersendiri.

Berikut beberapa tren digital marketing yang diprediksi akan banyak dilakukan di tahun 2020 ini.

Lifecycle Marketing Masih Menjadi Prioritas

Menaikkan awareness masih menjadi tujuan utama meski tren digital marketing mudah berubah. Oleh sebab itu, pada tahun ini pun kebanyakan brand akan tetap memfokuskan diri pada kebutuhan konsumen untuk memasarkan produk.

Produsen harus mampu mengambil sudut pandang dari seorang konsumen agar mampu melakukan pemasaran sesuai target. Lifecycle marketing dapat dilakukan dengan memantau penggunaan media sosial atau pun mengamati kegelisahan dan masalah yang menjadi keseharian konsumen.

Tren Digital Marketing Tahun Ini Berfokus pada Conversational Marketing

Selanjutnya, brand harus tetap mampu menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan. Usahakan untuk memanfaatkan keberadaan media sosial sebagai media untuk berdialog sehari-hari dengan pelanggan. Bagaimana pun juga, sebuah percakapan yang terasa hidup akan lebih disukai konsumen.

Email marketing juga masih relevan digunakan untuk cara conversational marketing. Pancing rasa ingin tahu pelanggan untuk berbincang dengan konten email marketing yang menarik. Dengan begitu, brand bisa membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan baik via media sosial maupun email marketing.

Meningkatkan Komunitas di Media Sosial Menjadi Kunci Penting Tren Digital Marketing 2020

Jumlah followers yang melimpah di media sosial tidak akan ada artinya tanpa disertai tingginya engagement. Konsumen harus benar-benar bisa merasa menjadi bagian dari brand. Hal ini dapat tercermin dari engagement media sosial brand.

Buatlah konten yang relevan dengan masalah konsumen dan memancing ketertarikan konsumen untuk berinteraksi di media sosial. Interaksi yang terjadi bukan hanya sebatas brand dan konsumen, melainkan juga antarkonsumen. Tanpa sadar, sebuah komunitas di media sosial pun dapat otomatis terbentuk.

Baca Juga: Metode Flighting: Cara Efektif Mempopulerkan Produk Bisnis Anda

Semakin Banyaknya Pengguna Handphone, Sudah Waktunya Beralih ke Format Mobile

Kemudahan teknologi menjadikan konsumen bebas mengakses internet di mana pun dengan media apa saja. Jadi, prioritaskan pula untuk membuat tampilan web yang mobile friendly, bukan hanya untuk PC.

Bayangkan, berapa banyak waktu yang dihabiskan konsumen untuk berselancar di dunia maya dalam sehari? Handphone menjadi alat yang sudah pasti dibawa ke mana pun dan banyak hal diakses dari sana. Kalau tampilan web belum beralih ke format mobile, bisa jadi konsumen pun enggan berkunjung ke web brand.

Tren Digital Marketing Mulai Bergeser ke Konten Audio Visual daripada Copywriting Panjang

Perhatikan pula bentuk konten yang disajikan di media sosial. Jika dua tahun sebelumnya konsumen lebih suka dimanjakan dengan konten dengan visual indah dari sebuah gambar, maka tahun ini bisa berubah. Konsumen cenderung suka hal yang lebih praktis dan nyaman dilihat dalam sekali lihat.

Copywriting panjang dipastikan tidak akan begitu disukai konsumen. Tren konten media sosial sudah mulai bergeser ke audio visual yang lebih mudah dinikmati. Jadi, pastikan membuat konten lebih efektif tanpa copywriting terlalu panjang.

Manfaatkan tren digital marketing terbaru untuk membuat strategi pemasaran lebih baik di tahun ini. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here