Fakta Unik tentang Tren Digital Payment di Indonesia

tren digital payment
Sumber : Money Control

Era cashless sudah dimulai di tanah air. Kini, semakin banyak orang yang mengandalkan transaksi cashless untuk mempermudah aktivitas sehari-hari. Itulah sebabnya tren digital payment di Indonesia juga memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan negara lain.

Ulasan berikut ini tentu akan menambah wawasan Anda tentang tren digital payment di Indonesia

Indonesia Paling Siap di ASEAN

Sumber : The Insider Stories

Sebuah riset bertajuk Visa Payment Study 2017 dilakukan untuk mengukur kesiapan masyarakat ASEAN menghadapi era cashless. Hasilnya, Indonesia merupakan negara yang paling siap. Karena 76% responden riset tersebut menyatakan percaya diri beraktivitas tanpa uang tunai selama 24 jam. Sedangkan negara-negara ASEAN lainnya memiliki persentase lebih rendah dari angka tersebut.

Baca Juga: Mengenal Cryptocurrency di Indonesia dan Tren Investasi di Dalamnya

Kaum Wanita Ternyata Lebih Canggih

Sumber : Mall Masti

Survei yang satu ini merupakan hasil kerja sama Google dan GfK. Digital Wallet Study 2017 mengamati tren digital payment berdasarkan gender. Terbukti bahwa kaum wanita muda (usia 25 sampai 34 tahun) mudah beradaptasi dengan konsep cashless dibandingkan pria. Sekarang, banyak wanita muda melakukan transaksi cashless untuk berbagai kebutuhan seperti berbelanja, membeli pulsa, serta memesan tiket hotel dan pesawat.

Tergiur demi Mendapatkan Diskon

Sumber : Supermarket News

Tak dapat dipungkiri bila masih banyak layanan transaksi cashless yang memanfaatkan diskon sebagai daya tarik. Sehingga mayoritas orang melakukan transaksi cashless demi mendapatkan diskon cukup besar. Karena diskon tersebut tidak bisa diperoleh bila melakukan pembayaran tunai.

Baca Juga: Flash Sale: Fenomena Promosi E-Commerce yang Harus Dipersiapkan secara Matang

QR Code Mulai Digemari

Sumber : PFS Commerce

Quick Response (QR) Code merupakan metoda pembayaran cashless yang mulai digemari. Proses pembayarannya praktis tanpa membutuhkan data diri. Anda hanya membutuhkan smartphone dan akun e-money untuk membayar via QR Code. Tak mengherankan jika kini banyak merchant yang mengadopsi tren digital payment ini untuk mempermudah pelanggan.

Sistem Transfer Masih Sangat Populer

Sumber : Financial Express

Tren digital payment Indonesia di bidang belanja online menunjukkan bahwa mayoritas pelanggan masih mempercayai sistem transfer antar bank. Karena sistem transfer dianggap lebih praktis, aman, dan mudah. Apalagi kini banyak marketplace yang menyiapkan fasilitas rekening bersama demi menunjang keamanan bagi pihak penjual maupun pembeli. Sementara itu, pilihan membayar via kartu kredit ternyata masih cukup jarang digunakan.

Apakah Anda termasuk orang yang sangat siap menyambut era cashless di Indonesia?

Ulasan tentang tren digital payment kali ini tentu bermanfaat bagi wawasan Anda. Sehingga Anda semakin mantap menentukan sistem cashless yang paling praktis dan bermanfaat bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here