Dana Pernikahan Terbatas? Trik Ini Bisa Membantu Mengatasinya

Punya dana pernikahan terbatas bukan berarti kamu tidak bisa berbahagia menyambut hari besar dalam hidupmu. Tak dipungkiri semua pasangan memiliki pesta pernikahan impian yang ingin diwujudkan. Namun, jika bujetnya minim, kamu masih bisa menyiasatinya dan tetap menikmatinya.

Kepala perencana keuangan di John Hancook, Misty Lynch, memberikan tips menyiasati dana pernikahan yang terbatas agar kamu tetap merasa puas di hari pernikahan.

Pangkas Daftar Tamu

Dengan dana pernikahan terbatas, memangkas daftar tamu menjadi langkah pertama yang harus dilakukan. Menyortir jumlah tamu bisa memangkas semua alokasi dana, terutama untuk katering.

Menurut Lynch, alih-alih merayakan secara besar-besaran dan membahayakan tujuan jangka panjang, pertimbangkanlah untuk memilih pesta pernikahan dengan skala lebih kecil bersama keluarga dan teman terdekat.

Fleksibel Perihal Tempat Pernikahan

Sekarang ini, banyak orang yang ingin serba praktis dalam hal pernikahan. Bila dulu rumah mempelai wanita sering dijadikan tempat pernikahan, kini banyak pasangan yang memilih untuk menyewa gedung. Kamu tak dipusingkan dengan dekorasi, sewa tempat duduk, meja, dan hiasan lainnya.

Bila jumlah tamu undangannya kecil, kamu masih bisa mengalokasikan dana untuk mempercantik gedung dengan bunga segar. Atau, untuk biaya foto dan video sebagai memori di masa tuamu.

Baca Juga: 4 Cara Menabung yang Tepat untuk Biaya Pernikahan

Menikah pada Sepi Musim Pernikahan

Di Indonesia, waktu paling populer untuk menikah adalah setelah lebaran, Idul Adha, bulan Juli hingga Agustus, dan akhir tahun. Bila dana pernikahan terbatas, hindarilah bulan-bulan tersebut sehingga biaya pernikahan untuk sewa keperluan pernikahan dapat ditekan.

Dengan cara ini, kamu bisa menghemat banyak uang dan mengalokasikannya untuk keperluan lain setelah pernikahan.

Buat Acara Se-sederhana Mungkin

Undangan, bunga, suvenir, kue, dekorasi pelaminan, dan lainnya bisa menambah atau mengurangi biaya. Bila dana pernikahan terbatas, cobalah untuk melakukan segala hal se-sederhana mungkin.

Pilih dekorasi yang sederhana dan menyesuaikan bujet. Dengan cara ini, kamu tidak akan membuat pernikahan menjadi rumit karena kamu memiliki prioritas.

Makeup Minimalis

Makeup menjadi satu bagian yang tak terpisahkan dari sebuah pernikahan. Mempelai wanita tentu menginginkan makeup yang tampak segar dan natural. Dengan dana pernikahan terbatas, kenapa kamu tidak meminta bantuan teman yang punya skill untuk merias? Atau, bila memang harus menyewa jasa perias pengantin, jangan sungkan untuk memilih sesuai keinginan sehingga tidak perlu membayar sistem paket yang lebih mahal.

Menyewa Keperluan Pernikahan

Tak dipungkiri biaya untuk membuat baju dan segala aksesoris untuk pernikahan cukup mahal. Jika dana pernikahan terbatas, tak perlu malu menyewa busana dan aksesoris pernikahan.

Bila kamu berpikir praktis dan ingin menghemat uang, masalah ini bisa cepat selesai hanya dengan menghubungi tempat penyewaan busana pernikahan beserta aksesorisnya.

Lagipula, sudah ada berbagai macam model gaun pernikahan sewaan ntuk pasangan pengantin dengan berbagai style, warna, dan harga yang bersahabat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here