Bisakah Hemat Kuota Internet kala WFH? Bisa Dong, Ini Triknya!

Hemat kuota internet rasanya hampir mustahil dilakukan sebagian besar karyawan di masa pandemi Covid-19 ini. Pasalnya, semua kegiatan perkantoran dan pekerjaan pun mau tidak mau dialihkan di rumah. Mau tidak mau, karyawan harus memiliki biaya lebih banyak untuk menunjang kebutuhan internet.

Banyak yang mengeluhkan biaya internet membengkak selama work from home (WFH). Apakah kamu juga salah satu yang merasakannya? Berikut beberapa trik agar kamu bisa hemat kuota internet selama WFH ini.

Sebelum Hemat Kuota Internet, Buat Dulu Catatan tentang Kebutuhan Internetmu

Jangan buru-buru membuat kesimpulan bahwa biaya internet menjadi boros. Bukankah biaya internet yang naik pada dasarnya sebanding dengan kebutuhan untuk bekerja? Jadi, coba cermati kembali penggunaan internetmu untuk kebutuhan apa saja.

Toh, tidak ada salahnya menyesuaikan kuota internet dengan kebutuhanmu yang sekarang. Sebelum memutuskan membeli paket internet, perkirakan terlebih dahulu kebutuhan internet untuk bekerja dan hiburan. Saat sudah paham kebutuhanmu, barulah kamu bisa menerapkan penggunaan lebih hemat.

Baca Juga: Hati-Hati, Kerja di Rumah Bisa Merenggut Kehidupan Pribadi! Ini Tipsnya

Matikan Video dan Suara Saat Rapat Online agar Hemat Kuota Internet

Tentu kamu sering melakukan video conference saat WFH, terutama untuk rapat. Demi bisa menghemat penggunaan internet, cobalah untuk mematikan fitur video dan suara saat rapat. Hal ini dapat mengerem penggunaan kuota internet dengan cukup signifikan.

Hidupkan kembali kedua fitur itu saat kamu diberi waktu untuk berbicara di dalam rapat. Lagipula rapat tidak akan kondusif saat terlalu banyak orang bicara bersamaan bukan? Coba deh terapkan cara ini di rumah ya.

Hemat Kuota Internet Berawal dari Kebiasaan Rutin Mengecek Penggunaan Internet

Bagaimana kamu bisa berhemat kalau kamu sendiri tidak rutin mengecek penggunaannya? Setidaknya sehari sekali biasakanlah untuk mengecek total penggunaan internetmu. Simak tren penggunaan dari hari ke hari, apakah masih dalam batas wajar atau tidak.

Jika ada satu hari yang terlihat amat melonjak, periksalah penggunaannya untuk apa saja. Jangan-jangan kuota internetmu tersedot cukup banyak untuk hiburan. Mencermati penggunaan internet juga membantumu untuk lebih bijak dalam berselancar di dunia maya.

Tidak Menggunakan Kuota Internet Hanya untuk Hiburan Semata

Terakhir, godaan untuk menikmati film atau video streaming jelas sangat besar saat kamu bekerja di rumah. Satu-satunya jalan untuk lebih hemat kuota internet tentu saja dengan bijak menikmati berbagai macam hiburan streaming. Mulai dari YouTube, musik, hingga film.

Tahukah kamu, penggunaan internet untuk hiburan terkadang justru jadi penyebab utama membengkaknya biaya internet. Jadi, jangan serta merta menyalahkan kebijakan bekerja di rumah membuat kebutuhan internet meningkat ya. Cermati dan pahami dulu apakah kamu sudah cukup bijak menggunakan internet.

Ternyata hemat kuota internet selama WFH bukan hal mustahil ya. Semuanya kembali ke kedisiplinan kita untuk menggunakan internet dengan lebih bijak selama di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here