Trik Memilih Influencer agar Bisnis Kamu Dilirik Orang

Seorang micro influencer punya kemampuan untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada orang lain. Ia juga bisa membuat konten untuk brand yang diajak kerjasama. Selain itu, influencer juga bisa ikut berinteraksi perihal brand tersebut. Oleh karenanya, kalau kamu bisa memilih influencer dengan tepat, hal itu akan membawa manfaat positif bagi bisnis yang kamu miliki.

Sebaliknya, kalau kamu keliru dalam memilih influencer, hasilnya juga buruk bagi bisnis. Pasalnya, salah satu tugas influencer yaitu memberikan rekomendasi pada orang lain. Kalau ia melakukan kesalahan, maka apa yang direkomendasikan juga akan diragukan.

Menggunakan influencer untuk memperkenalkan produk bukan hanya soal memanfaatkan jasa mereka saja. Lebih dari itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Baik dari sisi bisnis yang kamu miliki, maupun dari sisi influencer yang jasanya digunakan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih influencer yang tepat untuk bisnis kamu:

Memilih Influencer Berdasarkan Follower

Memilih influencer sebaiknya bukan hanya didasarkan pada banyaknya follower yang dimiliki. Lebih dari itu, kamu harus mengetahui apakah follower yang dimiliki relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Semisal, kalau produkmu untuk milenial, kamu sebaiknya memilih influencer yang follower-nya mayoritas milenial.

Sebaliknya, kalau produkmu untuk konsumen berusia di atas 40 tahun, maka influencer yang kamu pilih sebaiknya punya follower berusia 40-an. Dengan begini, produk kamu bisa diperkenalkan atau direkomendasikan ke segmen yang tepat.

Baca Juga: Memahami Digital Marketing Lebih Mendalam, Bukan Media Sosial Saja

Kemampuan dan Kebiasaan Influencer

Kemampuan dan kebiasaan influencer juga harus diperhatikan dalam memilih. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu,

Jangkauan Audiensi

Dalam hal ini jumlah follower yang dimiliki. Semakin banyak follower maka bisa diasumsikan jangkauannya semakin luas.

Tingkat Engagement

Tingkat engagement atau interaksi lebih penting dibandingkan dengan jumlah follower yang dimiliki. Kalau jumlah follower banyak, tapi tingkat interaksi terhadap konten rendah, maka hal ini perlu kamu pertimbangkan. Sebaliknya, meski jumlah follower tidak terlalu banyak, tapi tingkat interaksi tinggi, maka hal ini akan lebih baik.

Orisinilitas

Influencer mendapatkan fee atau bayaran untuk merekomendasikan atau memperkenalkan produk. Namun, konten yang dihasilkan sebaiknya tidak terlihat dibuat-buat. Semakin konten terlihat natural, maka itu akan semakin baik.

Brand Value

Selain brand, produk yang kamu miliki tentunya memiliki value. Ada baiknya dalam memilih influencer, kamu menyesuaikan brand value dengan personality influencer. Semisal, kalau produk yang kamu tawarkan adalah produk kesehatan, pilihlah influencer yang rajin berolahraga atau beraktivitas.

Cara Mendapatkan Influencer

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan influencer. Salah satunya, yaitu blog. Kalau ia rajin menggunggah konten yang berkaitan dengan produk atau jasa yang kamu miliki, tentunya ia bisa kamu pertimbangkan. Selanjutnya, kamu bisa melihat profil akun sosial media yang dimilikinya.

Cara lainnya, yaitu dengan menggunakan hashtag. Cara ini bisa kamu lakukan di Instagram. Kamu tinggal mengetikkan brand atau kategori produk di kolom pencarian. Selanjutnya, pilihlah pemilik akun yang sering menggunakan nama brand di konten atau di kolom komennya.

Follow Up

Setelah mendapatkan dan memilih influencer yang akan digunakan jasanya, kamu bisa menghubunginya dan memperkenalkan diri. Selanjutnya, kamu bisa menawarkan bentuk kerjasama kepadanya.

Namun, informasikan sebelumnya bagaimana kamu menemukan profilnya. Setelahnya, kamu bisa membicarakan mengenai jumlah konten yang ingin dibuat atau hal-hal lain yang berkaitan dengan kegiatan memperkenalkan dan merekomendasikan produk.

Selain memilih influencer yang tepat, hal lain yang juga tidak boleh dilupakan, yaitu bentuk dan cara kerjasama yang kamu lakukan dengan influencer ikut memengaruhi hasil yang akan didapatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here