5 Trik Menawarkan Diskon, Biar Produk Laris Manis

Ada banyak cara yang umumnya dilakukan pemilik produk untuk meningkatkan angka penjualan. Salah satunya, dengan menggunakan jasa iklan agar produk yang dimiliki dikenal oleh banyak orang. Selain itu pebisnis bisa menawarkan diskon bagi calon konsumennya.

Tawaran diskon ada banyak macamnya. Salah satunya adalah diskon harga produk atau diskon persentase (semisal diskon 30 persen). Dalam hal ini konsumen hanya perlu membayar sebagian dari harga awal atau harga pasarnya.

Diskon juga bisa berbentuk bundling, buy one get one free, diskon referal dan lain-lain. Umumnya diskon semacam ini menjadi bagian dari program promo.

Apapun bentuknya, ada baiknya kamu mengetahui beberapa trik menawarkan diskon, agar mampu menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian produk/layanan.

Diskon untuk Merayakan Event

Momen-momen khusus merupakan saat yang tepat untuk menawarkan diskon. Pasalnya, konsumen ikut bergembira merayakan momen tersebut. Beberapa acara atau momen yang bisa dipilih seperti perayaan kemerdekaan atau hari raya agama. Diskon juga bisa ditawarkan pada acara nasional seperti hari anak, hari olahraga nasional dan lain-lain.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan diskon saat menggelar acara-cara bisnis. Semisal, saat ulang tahun perusahaan, saat mengikuti pameran, gathering, peluncuran produk baru, dan lain-lain.

Menawarkan Diskon dan Free Shipping

Bayangkan jika kamu memberikan layanan pengiriman gratis untuk produk yang sudah mendapatkan potongan harga. Cara ini tentu akan semakin meningkatkan minat konsumen untuk membeli. Selain karena kamu bisa membantu konsumen mengirit pengeluarannya, cara seperti ini tidak banyak dilakukan oleh pemilik bisnis lain.

Namun, sebelum memberikan tawaran free shipping, kamu harus menghitung dengan teliti biaya produksi dan pengiriman yang bakal kamu tanggung. Sehingga kamu bisa terhindar dari kerugian.

Baca Juga: Trik Jitu Promosi Bisnis di TikTok untuk Menarik Perhatian Target Pasar

Diskon dan Kampanye Email Marketing

Data pelanggan merupakan informasi penting yang harus dimiliki. Oleh karenanya, saat menawarkan diskon, ada baiknya kamu menggunakan kesempatan itu untuk mengumpulkan data pelanggan. Salah satu caranya yaitu dengan hanya memberikan diskon bagi konsumen yang bersedia menjadi subscriber dari kampanye email marketing.

Kamu juga bisa memberikan diskon khusus pada para subscriber yang sudah ada dalam daftar email. Cara ini berguna jika kamu ingin mempertahankan pelanggan.

Melibatkan Influencer Saat Menawarkan Diskon

Kalau bisnis yang dimiliki sudah menggunakan influencer, kamu bisa mengumumkan tawaran diskon lewat para influencer tersebut. Sehingga, semakin banyak konsumen yang bisa mengetahui informasi diskon. Lebih dari itu, rekomendasi influencer umumnya lebih dipercaya dibandingkan iklan. Sehingga konsumen akan lebih tertarik untuk melakukan pembelian.

Tips: serahkan kode diskon/promo pada influencer dan mintalah mereka untuk memberikannya pada para followernya. Dengan cara seperti ini konsumen akan semakin percaya dengan para influencer. Sehingga di lain waktu kamu bisa kembali menggunakan jasa influencer untuk menyebarkan beragam informasi.

Menyasar Konsumen Potensial

Untuk produk atau layanan tertentu, kamu bisa menawarkan diskon hanya pada konsumen potensial. Sehingga kemungkinan produk atau layananmu dibeli menjadi semakin tinggi. Karena, konsumen potensial umumnya adalah konsumen yang benar-benar membutuhkan produk. Selain itu, dengan memberikan diskon khusus, para konsumen tersebut akan merasa keberadaannya dianggap spesial. Hal ini penting untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Diskon merupakan tawaran menarik yang akan selalu dicari oleh konsumen. Namun, pastikan agar kamu menggunakan cara yang tepat saat menawarkannya. Sehingga baik kamu dan konsumen bisa mendapatkan manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here