Ragam Trik Jitu Mencari Lowongan Pekerjaan Luar Negeri yang Potensial

Mencari pekerjaan di dalam negeri memang kerap terasa sulit karena persaingan yang sangat ketat. Namun, banyak peluang lain yang bisa kamu manfaatkan ketika mencari pekerjaan. Salah satunya, lowongan pekerjaan luar negeri yang tak kalah bonafide dibandingkan lowongan pekerjaan di tanah air.

Jika kamu sudah mempersiapkan diri untuk bekerja jauh dari tanah kelahiran, maka kamu bisa mencoba beberapa trik jitu ini saat mencari lowongan pekerjaan luar negeri:

Mengakses Informasi Melalui Para Relasi

Hal pertama yang dapat dilakukan saat mencari lowongan pekerjaan luar negeri adalah mencari informasi melalui para relasi. Kalau kamu punya anggota keluarga, sahabat, atau kerabat yang bermukim di luar negeri, tak ada salahnya bila kamu mencoba menanyakan peluang kerja yang tersedia.

Terutama jika kenalanmu tersebut sedang bekerja di luar negeri. Kesempatan memperoleh informasi lowongan kerja pun akan semakin besar.

Baca Juga: Culture Shock Saat Bekerja di Luar Negeri, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mengandalkan Media Sosial

Kamu juga dapat mengandalkan media sosial ketika mencari informasi lowongan kerja di luar negeri. Jangan malas memperbaharui informasi pribadi di LinkedIn dan mencari berbagai peluang kerja yang tersedia di media sosial tersebut.

Informasi lowongan pekerjaan dari media sosial biasanya selalu up to date sehingga kamu harus rutin mencari informasi setiap hari. Siapkan Curriculum Vitae (CV) dalam bahasa Inggris serta kelengkapan lainnya untuk memperlancar proses melamar kerja.

Mencari Lowongan Pekerjaan Posisi Entry Level

Mencari lowongan pekerjaan luar negeri untuk tingkat senior memang tidak mudah. Namun, kamu masih bisa menyiasatinya dengan mencari lowongan entry level. Banyak sekali lowongan entry level yang ditawarkan bagi para pekerja asing.

Gajinya bahkan bisa jauh lebih besar daripada gaji pada level kerja yang sama di Indonesia. Jika kamu masih muda, masih banyak kesempatan untuk mengembangkan karier meskipun kamu memulainya dari posisi entry level di negeri orang.

Merintis Karier dari Pekerjaan Remote

Jika mendapatkan lowongan kerja di luar negeri yang full time terasa sangat sulit, kamu dapat merintis karier dari pekerjaan remote. Carilah lowongan pekerjaan remote yang berasal dari perusahaan luar negeri. Pengalaman bekerja remote untuk perusahaan internasional akan memperbesar peluang kamu untuk bekerja di luar negeri. Sebab kamu dianggap sudah berhasil beradaptasi dengan etos kerja perusahaan internasional.

Kegigihan kamu mencari lowongan pekerjaan pasti segera berujung manis. Sambil mencari lowongan kerja, jangan lupa meningkatkan kemampuan diri sendiri supaya bisa memenangkan kompetisi antar para pencari kerja di tingkat internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here