Trik Google Calendar: Mengatur Jadwal Kerja Lebih Mudah dan Efektif

Google Calendar merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan untuk mempermudah penjadwalan. Beberapa trik Google Calendar di bawah ini akan membuat kamu lebih efektif melakukan penjadwalan kerja.

Fitur-fitur Google Calendar membuat semua penggunanya mudah membuat jadwal kerja, meeting ataupun event. Calendar juga menyediakan fitur notifikasi agar penggunanya mendapatkan pemberitahuan sebelum acara berlangsung atau dilakukan.

Kamu bahkan bisa mengatur Calendar agar mengirimkan email jadwal kerja sebelum kamu berangkat ke kantor. Selain itu, kamu juga bisa membagikan kegiatan atau jadwal kerja pada rekan-rekan kerjamu yang lain.

6 Trik Google Calendar untuk Pengaturan Jadwal

Meski memiliki banyak fitur berguna, masih banyak pengguna Google Calendar yang belum mengetahui kemampuan lain yang dimiliki oleh aplikasi pengatur jadwal ini. Nah, berikut ini beberapa trik Google Calender yang bisa kamu gunakan di kantor atau tempat kerjamu.

Mengatur Tampilan/View yang Berbeda

Melihat, membuat atau mengedit acara akan lebih mudah dilakukan dengan zooming in atau zooming out. Caranya, yaitu dengan menekan angka “1” atau huruf “d” jika ingin menampilkan calendar dengan view perhari.

Selanjutnya, angka “2” atau huruf “w” menampilkan view mingguan. Angka “4” atau “x” menampilkan view empat hari. Angka “5” atau “m” menampilkan view bulanan, dan angka “6” atau “y” akan menampilkan view per tahun. Untuk kembali ke tampilan awal, tekan “t”.

Memunculkan Go to Date untuk Melihat Acara yang Akan Datang

Kalau kamu berada di “view” harian atau mingguan, tapi ingin memeriksa acara apa yang akan dilangsungkan pada awal bulan depan, kamu tidak perlu mengganti view calendar menjadi view bulanan.

Ada cara mudah yang bisa kamu lakukan. Yaitu, dengan menekan “g” untuk memunculkan pop up box. Selanjutnya, dibawah go to date, isikan tanggal bulan dan tahun dari event yang ingin kamu lihat. Setelah terisi, klik go.

Melakukan Pencarian

Bagaimana jika bukan acara yang kamu lihat, melainkan kamu ingin mengetahui akan menghadiri apa saja rekan kerjamu? Untuk yang ini, kamu bisa memilih ikon search (bagian kanan atas). Selanjutnya, klik dropdown dan isikan nama rekan kerjamu di kolom who. Klik search.

Kamu juga bisa melakukan pencarian berdasarkan lokasi, waktu dan keyword tertentu. Selain itu, pencarian juga bisa difokuskan pada batas waktu tertentu dengan mengisikan kolom date.

Baca Juga: Tidak Bisa Mengunduh dari Google Play Store? Ini Cara Mengatasinya

Trik Membuat Acara yang Sama di Google Calendar

Kalau kamu ingin membuat acara yang sama namun dengan jadwal yang berbeda, kamu tidak perlu membuat semuanya dari awal lagi. Caranya, klik acara yang ingin di duplikasi.

Setelah terbuka, klik tanda tiga titik yang ada di bagian kanan atas. Pilih duplicate. Ubah waktu atau jadwalnya, lalu klik save.

Membagi File ke Rekan Kerja yang Menghadiri Event

Kalau kamu ingin membagikan acara dengan rekan kerja, kamu bisa menyertakan file yang diperlukan pada acara yang kamu bagikan. Caranya, klik waktu dan tanggal yang dipilih. Tambahkan title atau nama acara.

Lalu, klik more options (di bagian kanan bawah). Setelah jendela baru terbuka, klik add attachment (di bagian kiri bawah). Selanjutnya, pilih file yang ingin kamu bagikan, semisal, PDF, image atau doc.

Mengubah Penyelenggara Acara

Dengan Google Calendar, kamu bisa membuat acara dan menjadwalkannya. Kamu juga bisa membagikannya kepada rekan kerjamu. Namun, bagaimana jika kamu membuat acara tapi tidak bisa menghadirinya?

Untuk itu, kamu bisa mengubah penyelenggara acara. Caranya, pilih acara. Pilih tanda tiga titik. Pilih change owner. Selanjutnya, isikan nama rekan kerjamu yang kamu inginkan untuk menjadi penanggung jawab atau penyelenggara baru.

Nah, dengan beberapa trik Google Calendar di atas, kamu akan bisa merencanakan pekerjaan dan mengatur jadwal kerja dengan lebih efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here