Trik Sukses Menjalani Wawancara Internal, Biar Karier Lancar

Mengembangkan karier tidak harus dilakukan di perusahaan yang lain. Di perusahaan yang sekarang, kamu juga bisa melakukannya kok. Caranya dengan melamar kerja untuk posisi yang lebih tinggi. Tapi agar bisa sukses, kamu tentunya harus mempersiapkan diri untuk menjalani wawancara internal di perusahaanmu.

Jika kamu berhasil melewati tahapan wawancara internal, kemungkinan untuk mengisi posisi yang diinginkan jadi lebih besar. Sayangnya, seringkali kandidat menganggap remeh wawancara internal yang akan dijalaninya. Sebabnya karena merasa sudah lama bekerja di perusahaan. Padahal, menganggap remeh wawancara internal justru bisa bikin kamu gagal melewatinya.

Nah, bagi kamu yang ingin sukses menjalani wawancara internal, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Di antaranya,

Mintalah Dukungan Atasan agar Lolos Wawancara Internal

Salah satu keuntungan menjalani wawancara internal, yaitu kamu sudah memiliki pengalaman bekerja di perusahaan yang kamu lamar. Selain itu, besar kemungkinan atasan mengetahui keinginanmu untuk mengembangkan karier. OIeh karenanya, kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk kesuksesan wawancara. Caranya, cobalah meminta dukungan atasan untuk keputusanmu melamar posisi lain di perusahaan.

Dengan mendapatkan dukungan atasan ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satunya, atasan bisa memberikan rekomendasi pada pewawancara. Dalam hal ini pihak HRD. Keuntungan lainnya, atasan bisa memberikan saran dan motivasi untuk keberhasilanmu menjalani wawancara internal.

Baca Juga: Gagal Dipromosikan Atasan? Mungkin Ini Penyebabnya

Manfaatkan Informasi dari Rekan Kerja

Keuntungan lain yang didapatkan dari menjalani wawancara internal, yaitu kamu mudah mendapatkan informasi yang diperlukan berkaitan dengan posisi yang diinginkan. Karena, kamu sudah banyak kenal dengan karyawan di perusahaan. Jika informasi yang didapatkan cukup, kamu bisa mudah menjawab pertanyaan saat wawancara dilakukan bukan?

Selain itu, kamu bisa bertanya pada HRD yang akan mewawancaraimu sebelum wawancara dilakukan. Tapi ingat, khusus HRD, ada baiknya kamu meminta saran, dan bukannya meminta-minta pekerjaan.

Hindari Melakukan Ini Saat Menjalani Wawancara Internal

Saat wawancara dilakukan, cobalah untuk menjawab pertanyaan pewawancara dengan baik dan sungguh-sungguh. Jangan menganggap remeh wawancara karena merasa kamu sudah lama bekerja di perusahaan.

Sebaliknya, jalani wawancara seperti halnya kamu melamar di perusahaan yang baru. Kalau jawaban yang kamu berikan salah, pewawancara tentu memberikan penilaian negatif. Apalagi jika kamu tidak tahu apa-apa tentang posisi yang dilamar.

Selain itu, ada baiknya menyampaikan pencapaian atau prestasi yang sudah kamu lakukan bagi perusahaan. Ceritakan juga tentang masalah yang pernah dihadapi, bagaimana caramu mengatasinya, serta pelajaran apa yang bisa didapatkan dari adanya masalah tersebut.

Terakhir, apapun hasil wawancara internal yang kamu jalani, cobalah untuk tetap profesional. Jika kamu gagal, jangan terlalu baper. Sebaliknya, cari tahu mengapa kamu gagal menjalani wawancara tersebut. Jika kamu berhasil melewati wawancara internal, cobalah untuk tetap santai dan menjaga perasaan rekan kerjamu. Karena, mungkin ada rekan kerjamu yang gagal menjalaninya. Padahal, kamu dan rekan kerjamu itu masih bekerja di perusahaan yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here