5 Trik Mudah Membuat CV Menarik dan Unggul dari Pesaing Kerja

Resume atau CV menjadi first impression setiap pelamar kerja untuk rekruter atau Human Resource Department (HRD). Sebelum rekruter bertatap muka dengan Anda, CV menjadi “bocoran” tentang siapa dan pengalaman yang Anda miliki. Oleh karena itu, penting untuk mengajukan CV yang dirancang dengan baik, benar, dan juga unggul. Berikut ini lima trik mudah membuat CV menarik dan unggul dari pelamar lainnya,

Perkaya Keterampilan Anda

Membuat CV yang menarik dan menonjol akan menunjukkan kompetensi Anda terkait posisi yang dilamar. Resume Anda akan semakin memikat rekruter bila Anda telah mempelajari keterampilan baru atau meningkatkan nilai yang sudah ada.

Mungkin CV Anda dengan pengalaman sejauh ini sudah cukup terlihat “memuaskan” untuk perusahaan atau pekerjaan yang akan Anda lamar, namun tak ada salahnya untuk terus mengembangkan keterampilan yang sudah ada atau mempelajari skill baru.

Jadi Kandidat yang Menjanjikan, bukan Sok Tahu

Ada perbedaan antara menampilkan diri sebagai kandidat yang menjanjikan dan seseorang yang merasa “tahu segalanya”. Agar Anda tidak terlihat sebagai kandidat yang sok tahu, penting untuk membuat CV yang menarik. Tampilkan CV dengan informasi yang konsisten dan merinci poin yang paling relevan.

Jadi, jaga agar informasi yang Anda paparkan terlihat jelas dan singkat, serta gunakan font yang mudah dibaca agar CV Anda terlihat lebih profesional.

Satu CV untuk Satu Pekerjaan

Agar lamaran Anda menarik perhatian rekruter di tahap awal, ajukan CV dengan deskripsi pekerjaan yang tengah dilamar. Bila Anda hanya mengirimkan CV umum tanpa spesifikasi pekerjaan yang sesuai, Anda akan dinilai tidak serius.

Baca Juga: Ternyata, 4 Hal Ini yang Dilihat Perekrut di Awal Scanning CV

Tujuan karier pun harus dirancang dengan baik karena ini hal pertama yang dibaca rekruter dari CV pelamar. CV Anda harus dirancang untuk mencerminkan kebutuhan pekerjaan di perusahaan yang ingin Anda lamar.

Membuat CV Menarik dengan Selalu Perbaharui CV

Sebagian besar lowongan pekerjaan diisi dalam rentang waktu singkat. Jadi, Anda tidak memiliki waktu untuk menunda proses lamaran pekerjaan. Agar Anda tidak kalang kabut karena dikejar waktu, pastikan Anda memerbaharui resume setiap beberapa bulan. Tentu, ini disesuaikan dengan seberapa aktif Anda mencari pekerjaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here