Trik Follow-Up ke HR agar Tak Galau Menunggu Wawancara Lanjutan

Menunggu kabar wawancara lanjutan sering kali membuat banyak pelamar kerja galau. Sehabis wawancara HR, mereka biasanya berdebar-debar menanti konfirmasi berikutnya. Apalagi HR sendiri kadang hanya meminta pelamar kerja menunggu informasi lanjutan.

Masa tunggu yang diberikan HR normalnya adalah dua minggu setelah wawancara tahap pertama. Kebanyakan HR akan menelepon jika pelamar kerja lolos ke tahap wawancara berikutnya. Namun, ada juga yang tidak memberikan kabar sama sekali ketika pelamar gagal.

Daripada galau menunggu wawancara lanjutan, ada baiknya pelamar kerja melakukan konfirmasi sendiri. Bukan hanya memeroleh kejelasan, hati pun jadi lebih tenang. Simak triknya berikut ini ya!

Cek Tanggal Konfirmasi yang Jelas

Sebelum wawancara berakhir, pelamar kerja wajib meminta konfirmasi tanggal kabar dari HR. Andai HR mengatakan dua minggu, mintalah estimasi tanggalnya. Dengan begitu, HR pun ikut paham kesungguhan pelamar kerja dalam proses rekrutmen.

Meminta konfirmasi semacam ini sangat efektif membantu pelamar kerja lebih tenang dalam menunggu wawancara lanjutan. Tidak perlu berandai-andai hal buruk. Setidaknya cukup menunggu sampai waktu pengumuman tiba.

Kontak HR via WhatsApp atau Telepon

Ada baiknya pelamar kerja juga meminta kontak HR, entah itu via chat maupun telepon. Ingat, tidak semua HR memberi kabar ketidaklolosan pelamar kerja di tahap wawancara. Daripada menerka-nerka nasib sendiri, tidak ada salahnya memastikan langsung ke HR di hari yang dijanjikan.

Kontak HR jika batas waktu masa tunggu sudah lewat cukup lama. Sekali pun pelamar kerja dianggap gugur, setidaknya tidak perlu gamang menunggu wawancara lanjutan. Pelamar kerja kebanyakan hanya butuh kejelasan daripada digantung.

Baca Juga: Follow Up Wawancara Kerja Nggak Boleh Sembarangan, Ini Etikanya!

Kirim Email ke HR

Jika belum berani mengontak HR secara langsung, maka jalan terakhir adalah dengan berikirim email. Buatlah email yang meminta konfirmasi dari proses rekrutmen ke HR. Pelamar kerja dapat mengirim email setidaknya empat belas hari setelah wawancara.

Bisa jadi HR cukup sibuk mengonfirmasi satu per satu pelamar kerja dan ada yang terlewat. HR biasanya akan membalas email pelamar kerja. Jadi, persiapkan email sebaik mungkin dan jangan lupa menggunakan bahasa formal serta sopan.

Semoga trik di atas dapat membantu pelamar kerja mengurangi kegalauan saat menunggu wawancara lanjutan ya. Tetap semangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here