Wawancara Kerja Perusahaan Jepang Tidak Sulit Bila Sudah Tahu Triknya

Sejak dahulu, perusahaan Jepang selalu dianggap lebih unggul dari segi etos kerja dan inovasi teknologi. Tak mengherankan bila banyak orang berlomba-lomba bekerja di perusahaan Jepang. Namun, tahapan wawancara kerja perusahaan Jepang juga dianggap lebih sulit dan sangat ketat dibandingkan perusahaan lokal.

Sebenarnya, wawancara kerja perusahaan Jepang tak sesulit yang dibayangkan banyak orang. Kamu bisa melewatinya dengan lancar bila memperhatikan beberapa hal penting ini:

Harus Datang Tepat Waktu

Hal pertama yang mesti kamu perhatikan saat mendapat panggilan wawancara kerja perusahaan Jepang adalah datang tepat waktu. Perusahaan Jepang menjunjung tinggi budaya tepat waktu sebab hal tersebut dianggap sebagai salah satu bentuk tanggung jawab.

Jadi, alangkah lebih baik jika kamu sudah tiba ke lokasi 30 menit sebelum jadwal wawancara. Sehingga kamu punya waktu untuk merapikan penampilan dan melakukan persiapan terakhir demi menghindari rasa grogi. Begitupun ketika wawancara dilakukan secara online. Ada baiknya kamu menunggu di “lobi” setidaknya 10 menit sebelum jadwal.

Baca Juga: Reading The Air: Teknik Empati ala Orang Jepang di Lingkungan Kerja

Dress Code yang Tepat

Saat ini, perusahaan Jepang tidak menerapkan aturan ketat soal dress code selama bekerja. Jadi, kamu sendiri yang harus lebih proaktif mencari tahu kalau mendapat kesempatan wawancara kerja perusahaan Jepang.

Bila panggilan tersebut berasal dari perusahaan yang budayanya masih formal, maka kamu mesti menggunakan pakaian bernuansa formal (misalnya kemeja, celana panjang, dasi, dan blazer).

Sebaliknya, perusahaan Jepang yang kekinian membuatmu bisa memilih dress code smart casual yang menarik tanpa meninggalkan kesan profesional.

Resume dan Portofolio Berbahasa Jepang

Peluang diterima bekerja di perusahaan Jepang akan semakin besar kalau kamu bisa menyiapkan resume dan portofolio berbahasa Jepang. Ketika mendapat panggilan wawancara kerja perusahaan Jepang, luangkan waktu untuk menyiapkan dua hal penting tersebut.

Kemungkinan besar pewawancara kerja akan merasa takjub denganmu jika kamu mampu memperlihatkan resume dan portofolio berbahasa Jepang secara profesional.

Gestur Tubuh yang Tepat

Jangan lupa bahwa gestur tubuh juga menjadi elemen penting dalam wawancara kerja perusahaan Jepang. Kamu harus mampu menunjukkan beberapa gestur berikut ini saat wawancara berlangsung:

  • Membungkukkan tubuh dan mengucapkan terima kasih sebelum dan sesudah wawancara.
  • Fokus menatap pewawancara.
  • Menghindari gerakan yang tidak perlu, misalnya mengangkat kaki, menyentuh rambut, dan menggerak-gerakkan jari di atas meja.
  • Menunjukkan senyum pada momen yang tepat.
  • Menyodorkan dokumen apapun (resume, CV, portofolio, atau kartu nama) dengan kedua tangan dan kepala yang agak menunduk.
  • Membalikkan tubuh untuk mengucapkan permisi di depan pintu ruangan bila wawancara sudah selesai.

Persiapan wawancara kerja perusahaan Jepang yang matang membuatmu dianggap profesional dan kemungkinan besar akan diterima kerja. Jadi, mulailah beradaptasi dengan budaya kerja perusahaan asing tersebut mulai sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here