Zeirganik Effect: Trik Meningkatkan Kinerja dengan Menggunakan Ingatan

Pernahkah kamu merasa stres karena pekerjaan tak kunjung selesai. Apalagi jika itu pekerjaan yang sangat penting untuk diselesaikan. Salah satu cara untuk mengurangi stres adalah dengan memanfaatkan zeirganik effect.

Zeirganik effect merupakan efek yang dimiliki oleh ingatan manusia. Seperti yang diketahui, manusia memiliki dua jenis ingatan yaitu ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang. Umumnya, seseorang akan mudah melupakan ingatan jangka pendeknya. Apalagi jika informasi yang dimiliki atau diingatnya itu tidak dibutuhkan lagi. Semisal, pelayan restoran mudah melupakan pesanan konsumen setelah konsumen itu meninggalkan restoran.

Namun, ingatan jangka pendek bisa berubah menjadi ingatan jangka panjang jika seseorang terus memberikan perhatian, atau mengingat-ingat ingatan jangka pendeknya secara berulang-ulang.

Di kantor kamu bisa menggunakan efek ini untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas. Bagi pemilik bisnis, kamu juga bisa menggunakannya untuk meningkatkan penjualan. Seperti apa manfaat yang bisa diberikan zeirganik effect?

Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kualitas Pekerjaan

Seringkali, karyawan menunda mengerjakan tugas/pekerjaan hingga tenggat waktunya hampir tiba. Sehingga ia harus menggunakan seluruh ingatan, konsentrasi dan tenaganya untuk menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya. Akibatnya, ia mudah merasakan stres.

Kalau kamu ingin menghindari stres, gunakan kekuatan memori jangka pendek yang kamu miliki. Dengan cara, bagilah pekerjaan menjadi beberapa bagian. Sehingga beban kerjamu menjadi berkurang. Selama tetap memberikan perhatian, alias sesekali mengingat pekerjaan yang belum diselesaikan, kamu tidak usah khawatir pekerjaanmu tidak akan selesai pada waktunya.

Membagi pekerjaan menjadi beberapa bagian tidak hanya berguna untuk mengurangi stres. Dengan berkurangnya beban pekerjaan, kamu juga jadi lebih baik dalam bekerja. Sehingga kualitas pekerjaan akan meningkat.

Meningkatkan Angka Penjualan dengan Zeirganik Effect

Apa sih hubungannya zeirganik effect dengan angka penjualan? Seperti yang diketahui, pemasar umumnya menggunakan konsep promosi yang berbeda untuk memperkenalkan produknya. Media yang digunakan juga beragam. Namun, warna, font, dan logo produk yang digunakan selalu sama.

Hal ini untuk menggugah perhatian dan terus mengingatkan konsumen pada merek. Sehingga, saat konsumen berbelanja, merek tersebut akan lebih mudah diingat dan dipilih. Angka penjualan pun bisa meningkat.

Dengan menggunakan zeirganik effect, ketertarikan konsumen juga bisa terus dijaga. Semisal, produser film menayangkan cuplikan film sebelum filmnya benar-benar ditayangkan. Sehingga, penonton merasa tertarik dan terus memberikan perhatian pada film tersebut. Hal yang sama juga bisa dilakukan pada iklan produk atau jasa.

Memperkuat Ingatan Jangka Panjang dengan Ingatan Jangka Pendek

Kalau kamu sedang mengikuti workshop atau training di kantor, kamu bisa menggunakan zeirganik effect untuk meningkatkan ingatan. Semisal, kamu ingin mengingat materi training atau presentasi dengan baik. Alih-alih membaca materinya dengan konsentrasi penuh, cobalah membacanya dengan santai lalu beristirahatlah. Lakukan hal ini beberapa kali. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengingat materi dengan baik.

Jika stres bisa dikurangi dan kinerja meningkat, produktivitas juga akan meningkat. Oleh karenanya, tidak ada salahnya menggunakan zeigarnik effect saat kamu bekerja di kantor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here