Meski Malas Olahraga, 5 Cara Ini Juga Bisa Bantu Tubuh Tetap Sehat

malas olahraga
Sumber: thatslife

Sebagai pekerja kantoran, kerap kali kita sulit menyempatkan diri untuk olahraga. Waktu luang pada akhir pekan pun kebanyakan kita habiskan dengan istirahat atau berkumpul dengan teman-teman. Tapi Anda tidak perlu khawatir, meski malas olahraga kita juga dapat melakukan cara-cara sederhana untuk membuat tubuh tetap sehat.

Beberapa cara sederhana ini pun hanya memerlukan perhatian yang lebih pada pengaturan pola makan. Seorang ahli diet asal New York University yaitu Lisa Young mengatakan bahwa lingkungan, kebiasaan, dan pola pikir juga tidak kalah penting dengan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa kiat menjaga tubuh tetap sehat untuk Anda yang malas berolahraga.

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Apakah Bisa?

Kunyah Makanan secara Perlahan

Sumber: hellosehat

Tuntutan sebagai pekerja kantoran kadang membuat kita jadi terburu-buru untuk melakukan berbagai hal. Hal ini juga akhirnya membuat kita menjadi terburu-buru saat makan, baik itu sarapan atau makan siang. Ahli gizi menyarankan untuk memperlambat kunyahan makan Anda, setidaknya 20 hingga 30 kali. Sebab dengan mengunyah perlahan, makanan akan jadi lebih mudah diserap oleh tubuh. Sedikit pekerjaan yang dilakukan di mulut Anda akan membuat pekerjaan ekstra pada usus Anda, sebaliknya jika Anda melakukan banyak pekerjaan pada mulut maka usus akan mendapatkan pekerjaan yang lebih sedikit. Cobalah luangkan waktu lebih lama saat Anda makan, ini akan sangat membantu Anda yang malas olahraga untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

Hindari Makanan Olahan

Sumber: aljamila

Makanan olahan kerap kali mengandung kadar natrium dan gula yang berlebihan. Lisa pun menyatakan bahwa makanan olahan minim manfaat untuk kesehatan Anda. Makanan olahan mengandung bahan yang disinyalir dapat mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk menyerap vitamin dan nutrisi penting dari makanan yang sebenarnya. Jika Anda tipe yang malas olahraga namun ingin agar tubuh selalu sehat, coba beralih ke makanan yang Anda masak sendiri. Coba untuk selalu memasukan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, lemak sehat, dan protein berkualitas tinggi dari kacang , ikan, atau daging. Makanan yang Anda masak sendiri akan mengandung nilai gizi yang murni sehingga akan menjaga tubuh selalu sehat.

Dapatkan Waktu Tidur yang Cukup

Sumber: shopee

Anda mungkin harus membagi waktu untuk pekerjaan, mengurus keluarga, bersosialisasi dengan teman, olahraga, memasak makanan sehat, tapi kebanyakan dari Anda akan mengesampingkan waktu tidur. Padahal mengistirahatkan tubuh Anda adalah hal yang wajib Anda penuhi setiap hari karena saat tidur Anda akan membiarkan tubuh melakukan perbaikan dan membuatnya rileks.

Waktu tidur yang dibutuhkan setiap orang memang berbeda-beda, tetapi normalnya adalah tujuh hingga delapan jam perhari. Jika waktunya kurang, Anda akan merasakan dampak buruknya keesokan harinya seperti jadi kurang fokus, mudah marah, dan meningkatkan hasrat untuk mengonsumsi makanan manis secara berlebihan karena rendahnya hormon leptin dalam tubuh.

Hindari Stres

Sumber: thatslife

Aktivitas harian yang padat pun terkadang membuat Anda merasa stres. Anda wajib menghindari stres ini agar terhindar dari masalah yang lebih parah lagi seperti depresi yang akan mengganggu kinerja sistem pencernaan dan mengundang penyakit kardiovaskuler. Demi kesehatan Anda, penting untuk menemukan kebiasaan penghilang stres. Bagi beberapa orang, melepas penat dapat dilakukan dengan olahraga, seperti pergi berjalan-jalan atau pergi ke kelas yoga. Bagi yang lain, menulis jurnal, meditasi atau berbicara dengan teman dekat adalah hal yang sangat menolong. Apapun itu, selama Anda menikmatinya dan dapat mencegah Anda dari stres adalah hal yang sangat baik Anda lakukan secara rutin.

Kurangi Konsumsi Alkohol

Sumber: okeinfo.net

Mengonsumsi minuman beralkohol lebih dari jumlah yang disarankan nyatanya dapat meningkatkan risiko kanker dan tekanan darah tinggi. Alkohol juga dapat berkontribusi terhadap menurunnya kualitas tidur, konsumsi makanan yang berlebihan, gangguan kognitif, serta menyebabkan penuaan dini. Banyak juga jenis alkohol super manis yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Selain itu, alkohol dan gula dapat berdampak negatif pada kesehatan usus dan mikroba di dalamnya. Jadi bagi Anda yang ingin hidup sehat namun malas olahraga, mengurangi konsumsi alkohol adalah salah satu cara yang tepat.

Baca Juga: Jangan Malas, Inilah 6 Manfaat Rutin Berolahraga

Meski tidak melakukan olahraga sama sekali dapat dibenarkan, namun ada baiknya Anda tetap menyempatkan diri untuk olahraga. Lakukanlah olahraga sederhana saja seperti jalan kaki, naik turun tangga, atau sekadar membersihkan rumah untuk membuat keringat.

Beri komentar Anda tentang artikel ini