FaceApp Tidak Sebarluaskan Foto Pengguna, Benarkah?

Sumber: wsj.com

FaceApp menjadi aplikasi yang trending belakangan ini. Bukan hanya karena munculnya faceapp challenge saja. Namun, aplikasi edit wajah ini ditengarai menyimpan foto pengguna dan menyebarluaskannya.

Pihak FaceApp menepis tudingan ini. FaceApp juga menyebutkan foto-foto pengguna dihapus selang beberapa waktu setelah penggunaan. Berikut ini beberapa fakta mengenai FaceApp dan kehebohan yang terjadi akibat penggunaan aplikasi tersebut.

FaceApp Challange jadi Trending

Dengan kemampuan yang dimilikinya, FaceApp langsung menjadi trending. Aplikasi ini sudah memiliki 12.7 juta pengguna. Beberapa challange-nya seperti #agechallange dan #faceappchallange yang menjadi viral.

Selebritas dalam dan luar negeri ramai mengikuti challenge ini dan mengunduh foto mereka di akun media sosial. Namun, meski faceapp challenge menjadi trending, faktor keamanan dari penggunaan FaceApp dipertanyakan.

Cara Kerja FaceApp

Sumber: ilounge.com

FaceApp merupakan aplikasi yang memiliki kemampuan meng-edit wajah penggunanya menjadi lebih muda atau menjadi tua. FaceApp menggunakan teknologi machine learning sebagai filternya. Teknologi ini juga menggunakan ribuan foto wajah sebagai referensi.

Akses ke Foto Pengguna dan Ijin Menyebarluaskan

Saat menggunakan FaceApp, pengguna harus memberikan ijin untuk mengakses file foto. Pemberian akses seperti ini juga biasanya diberlakukan oleh aplikasi lainnya. Salah satunya, Instagram. Artinya, akses tersebut diberikan untuk semua foto yang tersimpan di perangkat.

Baca Juga: Seperti Ini Cara Cambridge Analytica Mencuri Data Pengguna Facebook

Namun, seperti dikutip Digital Trends, syarat dan ketentuan dari FaceApp menyebutkan pengguna memberikan ijin kepada aplikasi ini untuk mendistribusikan dan menampilkan secara publik konten-kontennya. FaceApp juga diijinkan untuk menggunakan nama pengguna tanpa memberikan kompensasi dalam bentuk apapun.

Pemerintah Amerika Serikat Selidiki Kemungkinan Penyalahgunaan Data

Meski FaceApp telah menyatakan pihaknya tidak menyebarluaskan data pengguna, pemerintah Amerika Serikat (AS) turut pula memberikan peringatan akan kemungkinan FaceApp melanggar privasi penggunanya.

Senat AS bahkan menugaskan FBI dan Frade Trade Commission (FTC) untuk menyelidiki dugaan ini. Terlebih, FaceApp dibuat oleh developer aplikasi yang berlokasi di Rusia.

Apakah FaceApp Aman Digunakan?

Lalu, apakah FaceApp aman untuk digunakan? Hal ini tentunya kembali lagi kepada penggunanya. Apakah pengguna mengijinkan FaceApp mengakses foto mereka dan memberikan ijin untuk menyebarluaskannya. Selain itu, bergantung juga apakah pengguna mempercayai pernyataan yang menyatakan bahwa FaceApp menghapus foto-foto pengguna dan tidak menyebarluaskannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here