Tugas Utama Staff Back Office yang Wajib Anda Ketahui

tugas utama Staff Back Office
sumber: infinityfinishes

Saat ini banyak orang yang ingin bekerja menjadi Staff Back Office, tapi sayangnya tidak semua orang mengetahui dengan jelas apa sebenarnya tugas utama Staff Back Office dan kualifikasi seperti apa yang dibutuhkan untuk menempati posisi Staff Back Office. Padahal, Back Office merupakan salah satu bagian penting dari sebuah perusahaan. Hal ini karena posisi ini sangat strategis dalam membantu kegiatan-kegiatan sebuah perusahaan. Untuk itu, pada posisi ini perlu tenaga kerja profesional dengan keahlian yang sangat baik di beberapa bidang. Dengan kata lain, tidak semua orang dapat menempati posisi ini. Untuk itu, lihatlah kualifikasi diri Anda, apa sudah sesuai dengan penjelasan tugas utama Staff Back Office berikut ini.

Tugas Utama Staff Back Office

Tugas utama Staff Back Office adalah untuk bertanggung jawab dalam mengurusi laporan-laporan penjualan/pemasaran, keuangan atau pun masalah administrasi. Namun, melayani atau pun menanggapi keluhan konsumen secara langsung bukanlah tugas seorang Staff Back Office. Inilah beberapa tugas dari seorang Staff Back Office:

  • Mengelola urusan utang piutang
  • Mempunyai tanggung jawab untuk melakukan pengecekan barang yang tidak terlalu laku untuk kemudian diganti dengan yang baru.
  • Memiliki tanggung jawab terhadap penyelenggaraan pemesanan barang terhadap supplier.
  • Memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengecekan barang pada barang yang akan mendekati masa kadaluarsa.
  • Memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan pengecekan stock barang yang sudah hampir habis.

Di atas adalah tugas utama dari Staff Back Office. Untuk itu tenaga kerja yang menempati posisi sebagai Staff Back Office, harus mempunyai kemampuan-kemampuan di bawah ini:

  • Harus mempunyai kemampuan untuk mengoperasikan komputer paling tidak Ms. Office. Hal ini wajib karena pekerjaan seorang Staff Back Office tidak jauh dari komputer.
  • Harus mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, teliti dan jujur. Dengan begitu, koordinasi antar Staff Back Office bisa berjalan dengan baik dan pekerjaan pun berjalan dengan lancar.

Tidak hanya kemampuan-kemampuan di atas, Staff Back Office pun harus mempunyai latar belakang pendidikan minimal Diploma. Tapi memang, terkait dengan latar belakang pendidikan seorang Staff Back Office tidak tentu, karena disesuaikan dengan kebijakan di setiap perusahaan. Tapi umumnya, posisi Staff Back Office ini ditempati oleh mereka yang mempunyai latar belakang pendidikan minimal Diploma.

Selain itu dalam segi gaji, Staff Back Office umumnya sudah mencapai UMR perbulannya. Tapi tentu hal ini juga disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku di perusahaan bersangkutan. Selain itu, biasanya gaji seorang Staff Back Office juga ditentukan dengan negosiasi yang dilakukan sebelum menjabat sebagai Staff Back Office.

Dalam segi jenjang karir, Staff Back Office sebenarnya mempunyai masa depan karir yang cukup baik. Namun, hal ini tidak bisa dipastikan karena harus disesuaikan dengan kondisi suatu perusahaan dan juga kebijakan dari perusahaan yang bersangkutan.

Posisi ini pun sebenarnya sangat baik untuk menjadi awal karir di suatu perusahaan, karena peningkatan karir tidak harus sesuai dengan posisi Anda, ada banyak faktor lain yang biasanya diperimbangkan, misalnya saja kinerja yang bagus dan juga loyalitas kepada perusahaan yang bersangkutan.

Itulah sekilas mengenai tugas utama Staff Back Office. Apakah Anda tertarik untuk menempati posisi ini? Atau kah kemampuan serta latar belakang pendidikan Anda sudah sesuai dengan yang dibutuhkan untuk seorang Staff Back Office?

Semoga ulasan di atas bisa memberikan masukan dan menambah pengetahuan bagi Anda semua. Semoga bermanfaat.