Buruan! Tukarkan Point Reward Kamu di Generali Indonesia

Generali Indonesia mengapresiasi karyawan melalui program 5i. (Foto: dok. Generali).

Sudahkah kamu berterima kasih kepada rekan kerjamu? Sederhana sih, tapi ucapan terima kasih berdampak besar lho terhadap employee engagement di kantor. Employee engagement sendiri terbukti menurunkan angka turnover atau karyawan angkat kaki dari perusahaan.

Ya, hubungan karyawan yang erat akan melahirkan karyawan yang bahagia. Tak hanya bahagia di kantor, pun di luar kantor. Pentingnya employee engagement juga mendorong Generali Indonesia untuk menerapkan program Point Reward sejak awal 2019.

Tujuan Point Reward pun sederhana, yaitu untuk memberikan apresiasi antarkaryawan. Setiap bulan karyawan Generali mendapatkan 5 poin untuk disalurkan sebagai ucapan terima kasih kepada rekannya atau bahkan kepada atasannya atas kerjasama dalam tim, atau karena telah memberikan inspirasi.

Menariknya, poin apresiasi ini bisa ditukarkan dengan beberapa keuntungan, seperti voucher traveling, atau potongan harga merchandise Generali.

Ayu Hapsari, Human Capital Services Generali, mengamini pentingnya program Point Reward ini dalam meningkatkan kerja sama tim. Dengan ucapan sederhana berbentuk kata terima kasih, karyawan merasa kinerjanya dihargai. Pengaruhnya kemudian self development-nya semakin terasah.

Baca Juga: Morning Inspiration, Memotivasi Karyawan Generali Bermimpi Lebih Tinggi

Point Reward Generali Indonesia ditukar empat kali setahun. (Foto: dok. Generali)

“Awalnya Point Reward ini namanya Thank You Card pada November 2018. Bila ada karyawan yang malu bilang terima kasih langsung ke rekan yang sudah membantunya, bisa diucapkan lewat cara ini. Yang menerima pun tahu siapa yang memberinya poin dan apa alasannya,” jelas Ayu.

“Poin tersebut dikumpulkan untuk di-redeem. Apa saja bentuk redeem-nya? Bisa merchandise Generali, free lunch, voucher hotel, voucher traveling, dan voucher belanja di vendor-vendor kami,” lanjutnya.

Menariknya, penukaran poin yang dilakukan empat kali dalam setahun ini tak hanya untuk keuntungan pribadi karyawan, melainkan untuk berbagi kepada sesama. Ya, selain penukaran berbentuk voucher, poin juga bisa di-redeem sebagai charity kepada Yayasan Hope Indonesia.

Tak hanya berdonasi melalui Point Reward, karyawan Generali juga menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat melalui donasi bulanan yang dikumpulkan dari auto debit payroll. Ini merupakan bentuk kepedulian dari program Involve.  

Astrianto Adianggoro, Leadership Development Specialist Generali, menjelaskan Involve merupakan satu dari lima program yang dirancang dari hasil employee engagement survey. Survei ini dilakukan setiap dua tahun sekali untuk mengetahui area hubungan antarkaryawan yang masih rendah.

“Setiap dua tahun ada employee engagement survey untuk melihat area mana yang butuh pengembangan. Untuk mengembangkannya diadakan program 5i, salah satunya Involve. Point Reward juga bagian dari 5i, yaitu Incent,” jelas Astrianto.

“Untuk Involve, ada dua aktivitas, yaitu langsung terjun ke lapangan dan melalui auto debit payroll. Setiap bulan otomatis ada auto debit payroll yang dananya didonasikan kepada anak-anak naungan Hope. Kami ingin karyawan bisa engage juga dengan lingkungannya,” ujarnya.

Baca Juga: Fresh Graduate Langsung Ditarik Perusahaan Asuransi Besar? Bisa Kok…

Selain Incent dan Involve, berikut adalah program employee engagement 5i Generali:

Inspire

Program ini bertujuan untuk menginspirasi karyawan dengan menggelar sesi bincang-bincang. Misalnya, berbagi topik yang menginspirasi kaum wanita di dunia kerja. Program ini lahir setelah survei yang dilakukan pada 2017 menunjukkan rendahnya semangat kerja karyawan.

Innovate

Ini merupakan program yang memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menuangkan idenya bagi perusahaan. Sehingga karyawan bisa mengembangkan kemampuannya, dan mendapatkan apresiasi dari perusahaan.

Improve

Melalui program Improve, karyawan berkesempatan untuk membahas permasalahan kerja dengan atasan secara pribadi. Pertemuan yang difasilitasi oleh tim Performance Management ini bertujuan agar setiap tim segera menemukan solusi atas permasalahannya.

Dukung Mereka!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here